Green Graffiti di Belanda

Belanda adalah negara yang penuh dengan inovasi dan kreatifitas. Dalam bidang periklanan, negeri kincir angin itu juga membuat kejutan yang luar biasa; Green Graffiti. Green Graffiti adalah iklan yang menggunakan teknik komunikasi sustainable communications yang berdampak tinggi pada audiens namun sangat ramah lingkungan. Green Graffiti menjadi alternatif cara beriklan di ruang terbuka seperti di jalanan, trotoar, atau dinding pinggir jalan yang biasa ramai dilalui orang.

Green Graffiti diciptakan oleh Jim Bowes, seorang pekerja di bidang advertising, yang sudah menggeluti bidang ini selama 25 tahun. Pengalamannya yang banyak di bidang advertising membawanya pada sebuah ide untuk mendirikan sebuah agen jasa periklanan. Green Graffiti menawarkan solusi advertising outdoor dengan biaya terjangkau, ramah lingkungan, dan dengan penawaran kebebasan kreativitas yang tak terbatas.

grass graffiti

Iklan menggunakan seni graffiti sudah lama dikenal dan sering kita temukan menghiasi jalanan atau dinding-dinding di daerah perkotaan. Green Graffiti bukanlah graffiti yang menggunakan tinta, cat atau pun kertas, namun menggunakan debu jalanan yang dibersihkan menggunakan air reverse berkekuatan tinggi sehingga mampu membersihkan debu jalanan. Template untuk graffitinya pun dibuat dari bahan logam hasil daur ulang, sehingga dapat dikatakan Green Graffiti ini netral karbon atau tidak berdampak buruk pada lingkungan.

reverse graffiti

Proses pembuatan Green Graffiti pun cukup sederhana, yaitu dengan menyemprotkan air reverse bertekanan tinggi di atas template sampai debu yang menempel di jalanan menjadi hilang dan bersih. Hasilnya akan tampak dari perbedaan warna antara graffiti dengan bagian jalanan atau trotoar yang tidak terkena semprotan air. Hasil graffiti ini dapat bertahan selama dua minggu bahkan berbulan-bulan, sampai graffiti tersebut hilang dengan sendirinya dikarenakan tertutup kembali oleh debu jalanan.

Kini Green Graffiti semakin berkembang tidak saja menggunakan debu, tetapi juga menggunakan pasir, lumut dan salju. Jangkauannya semakin luas, sampai ke beberapa negara, seperti Italia, Bulgaria, Jerman, Israel, Korea Selatan, Cyprus, dan Finlandia. Bowes dan timnya telah menangani lebih  dari 300 kampanye dan iklan dari perusahaan besar seperti Starbuck, Range Rover, Sony, INC, Domino’s Pizza, MTV, dan lainnya. Green Graffiti juga telah melakukan sejumlah kampanye bersama dengan Kepolisian Amsterdam dan membantu PBB dalam mengkampanyekan keanekaragaman hayati di 7 negara di dunia.

sand painting

“The city is our canvas, We can tell a story over the course of two blocks if we want to, without paper, without ink. “ –Mr. Bowes (pendiri GreenGraffiti)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *