Gunakanlah Sosial Media Dengan Bijak

Menggunakan sosial media dikehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Jumlah pengguna sosial media yang kian bertambah membuat para pengguna bisa saling berhubungan satu sama lain meskipun berada dijarak yang berjauhan. Pengguna sosial media saat ini juga beragam dan memiliki kepentingan yang berbeda pula.

Bahkan setiap orang yang gemar menggunakan sosial media untuk berbagai keperluan dan gaya hidup memiliki beberapa akun diberbagai situs jejaring sosial. Namun dengan perkembangan jumlah pengguna sosial media saat ini, tidak jarang kita menemui dan pernah merasakan sendiri dampak positif dan negatif sosial media bagi kehidupan sendiri dan sekitar kita.

Waktu luang yang biasanya bisa dipergunakan untuk berdiskusi dengan anggota keluarga atau pun teman justru secara sengaja kita pergunakan menyibukkan diri dengan teman kita yang ada di beberapa akun sosial media yang kita miliki. Saat ini banyak pengguna sosial media yang belum mengetahui dan sadar bagaimana cara menggunakan sosial media yang baik dan bijak.

Lantas bagaimanakah tips menggunakan sosial media dengan bijak agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain?

1. Pastikan anda mengenali secara mendalam dengan siapa berinteraksi menggunakan sosial media, jangan terlalu mudah percaya dengan ajakan orang lain yang baru anda kenal.

Ketemu-Akun-Sosmed-Palsu-Segera-Laporkan-640x366

2. Jangan percaya dengan foto yang ada disalah satu akun sosial media yang tidak anda ketahui. Banyak pengguna siosial media dengan sengaja menggunakan nama dan foto palsu (anonim).

alay

3. Meskipun tidak berdekatan atau tidak saling kenal, tetap menjunjung etika, karena apapun yang kita diskusikan di sosial media semua orang bisa melihat. Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain.

Internet1

4. Jangan lupa mencantumkan sumber ketika anda mebuat postingan, perhatikan soal hak cipta saat menyalin maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari dan bisa dipertanggung jawabkan.

florence-1

5. Pastikan postingan yang akan anda upload di sosial media milik anda tidak terkait SARA, karena jika ada yang tidak setuju dan tersinggung dengan postingan tersebut dengan mudah mereka melaporkan anda ke pihak berwajib.

awas-hoax

6. Tidak memproduksi maupun menyebarkan informasi palsu yang belum jelas sumbernya (HOAX) dan gambar/foto pornoaksi.

sa

7. Jangan memberikan data diri Anda dengan mudah di sosial media, pastikan hanya data diri seperti alamat tempat tinggal saja yang anda tampilkan di akun sosial media milik anda. Sebab data diri bisa saja disalahgunakan pihak lain.

8. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya baik untuk berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif.

Sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *