Happy in Paris, Barcelona & Vienna

“Happy”, lagu fenomenal dari penyanyi dan produser asal Amerika Serikat, Pharrell Williams. Lagu ini juga merupakan soundtrack dari film animasi Despicable Me 2. Single ini dijagokan Pharrell sebagai lead single dari album keduanya yang bertajuk GIRL (2014). Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Pharrell Williams sendiri. Lagu ini dirilis pada tanggal 21 November 2013 bertepatan juga dengan rilis video musik versi panjangnya.

Lagu “Happy” ini bergenre neo soul dan funk dan suara falsetto Pharrell Williams dibandingkan dengan suara Curtis Mayfield. “Happy” terbilang sangat sukses, menjadi nomor satu di tangga lagu di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Irlandia, Selandia Baru, dan 19 negara lainnya dan telah terjual lebih dari 1,23 juta kopi di Inggris.

Lagu ini mendapat review yang sangat positif dari para kritikus musik. Sebulan sebelum rilis, Jody Rosen dari Rolling Stone memberikan 3,5 bintang dan menganggapnya sebagai “pesaing instan untuk Song of Summer 2013”.

Bertepatan dengan rilis single “Happy”, situs 24hoursofhappy.com pun diluncurkan. SItus ini menampilkan presentasi visual “Happy” dan mengklaim sebagai “video musik 24 jam pertama di dunia”. Video terdiri dari lagu empat menit diulang dengan berbagai orang menari di sekitar Los Angeles dan miming bersama. Pharrell Williams sendiri muncul 24 kali, dan ada sejumlah penampilan beberapa selebriti termasuk Whit Hertford (01:04), Kelly Osbourne (01:28), Magic Johnson (05:36), Uria Faber (08:36), Sergio Mendes (10:32) dan Jimmy Kimmel (11:48), Odd Future (1:48), Steve Carell (05:08), Jamie Foxx (05:28), Ana Ortiz (17:32), Miranda Cosgrove (05:40), Gavin DeGraw (05:44), JoJo (18:16).

Video klip orisinal “Happy” melahirkan banyak video di YouTube di mana orang-orang dari berbagai kota di seluruh dunia menari dengan riang gembira berlatarkan lagu “Happy”. Video-video tersebut biasanya diberi nama “Pharrell Williams – Happy – We Are From [nama kota]”. Hingga bulan April 2014 saja sudah ada lebih dari 1.000 video yang telah dibuat.

Dalam VideoFriday kali ini, Wadezig! telah memilih tiga buah video klip Happy yang dibuat oleh berbagai orang dari berbagai penjuru dunia, yakni dari Paris (Perancis), Barcelona (Spanyol), dan Vienna (Austria). Video HAPPY di Barcelona sudah ditonton sebanyak lebih dari 256ribu kali. Video tersebut menampilkan bangunan-bangunan indah serta pemandangan kota Barcelona dari atas, sangat indah! Mulai dari gereja tua, bangunan tinggi modern, hingga di pusat kota Barcelona yang ramai. Video ini juga menampilkan orang dari berbagai etnis dan umur yang menari dengan riang gembira.

Ide orisinil video HAPPY from PARIS dari Tania Australia dan disutradarai oleh Rohan Houssein. Video yang dibuat di salah satu kota terindah di dunia ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1,7 juta kali. Video selanjutnya, HAPPY (We are from Vienna) juga menampilkan banyak orang yang menari-nari di tengah jalan untuk bus, di atas sepeda, di trotoar, serta menampilkan warga dari berbagai etnis dan usia. Video ini diunggah oleh Sprido08 dan sudah ditonton sebanyak 609 ribu kali.

Video HAPPY mana yang jadi favorit kalian, Crowds?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *