Ilustrasi, Punk, dan Action Figure Bersama Judas

Awal tahun ini kami berkolaborasi bersama Judas, seorang ilustrator pecinta musik punk sekaligus kolektor action figure. Kecintaan Judas pada musik dan mainan memberikan pengaruh besar bagi karya-karya ilustrasinya. Dan dalam wawancara ini kami mengulas sosoknya lebih dalam, kesehariannya, serta hal-hal menarik lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Halo Judas, apa kabar? Sedang disibukan dengan hal apa akhir-akhir ini?

Halo juga. Hehe.  Kabar baik, wajar dan sebagaimana mestinya :D. Akhir-akhir ini saya sedang sibuk menggambar untuk brands, menyelesaikan job-job freelance dan sedang mencoba untuk menyelesaikan komik saya sendiri yang sudah bertahun-tahun tertunda.

2. Bisa diceritakan latar belakangmu, dan awal dirimu terjun ke dunia seni, khususnya desain dan ilustrasi?

Semua berawal dari kecil, waktu itu kalau tidak salah saya duduk di bangku TK nol besar, sejak ibu saya suka membelikan komik BATMAN, saya sangat suka sekali dengan artwork pada komik tersebut dan dari situlah awal saya suka menggambar sampai sekarang.

Kalau terjun didunia seni dan desain, khususnya ilustrasi, dan mulai serius menekuni bidang ilustrasi kalau tidak salah mulai tahun 2007 saya kuliah semester dua. Saya mulai dari membuat komik strip saya sendiri dan pada waktu itu saya jual dalam bentuk fotokopian. Sampai tahun 2009 saya mulai menjual karya-karya saya lewat media sosial dan sampai sekarang saya bisa hidup dari dunia desain dan ilustrasi.

3. Bagaimana proses kreatifmu ketika membuat karya? Media seperti apa yang paling disukai?

Proses kreatif? Hmm.. Saya jarang pake konsep sih sebenernya, asal coret aja deh. Ide biasanya dapet dari musik dan kegiatan sehari-hari, liat orang-orang dijalan,  nonton film, atau apalah, dan ketika udah dapat ide saya mulai menggambar.

Media yang saya sukai dari dulu awal kuliah sampe sekarang, saya udah cinta mati sama tinta cina dan kuas, kadang comic pen, marker, dan jarang make drawing pen. Haha. Kalau kertas saya bisa pake kertas apa aja sih yang penting enak. Kalo seringnya sih pake buku gambar A3 dan kertas hvs 100gr.

4. Banyak artwork yangdibuat beririsan dengan musik, punk, rockstar, dll. Sebesar apa pengaruh musik bagikarya-karyamu?

Sangat. Sangat. Sangat. Sangat. Sangat berpengaruh sekali. Saya gak bisa bayangin tuh kalau lagi menggambar tanpa musik dan sepi. Wah nggak banget, kayak bukan saya.

5. Dari sekian banyak kolaborasi atau commisioned artwork yang pernah dilakukan mana yang paling berkesan?

Yang paling berkesan adalah ketika saya ngerjain artwork untuk band yang lagi saya sukai pada waktu itu, FORUS, sebuah band fast melodic punk dari Prancis. Kebayangkan ketika kamu seorang ilustrator dan fans berat dari sebuah band dan tiba-tiba vokalisnya menghubungi kamu untuk ngerjain artworknya?

6. Di feed Instagram, selain postingan karya sering dilihat juga foto-foto koleksi action figure dan komik superhero. Kalau boleh tahu, sudah berapa lama menekuni hobi ini? Sebanyak apa koleksinya?

Kalau komik dan action figure dari kecil udah sering ngumpulin, kalau action figure mulai SMP kelas 3 udah mulai serius koleksi sampai sekarang. Dua bulan kemarin pernah iseng ngitung koleksi action figure saya, semuanya dari yang masih didalem box dan yang udah di display udah berjumlah 487 pcs. Dan sampe sekarang masih kurang dan terus berburu.

7. Kesenangan seperti apa yang dirasakan ketika mainan atau komik incaran berhasil didapatkan?

BAHAGIA!! Seneng banget, nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh.

8. Dari semua koleksi tersebut mana yang paling favorit?

Yang sangat favorit adalah BATMAN, walaupun masih sering beli superhero lainnya, paling favorit tetep Batman.

9. Kalau ada 8 lagu favorit sepanjang masa, soundtrack, atau yang sering didengarkan akhir-akhir ini apa saja itu?

  1. Rufio – Countdown
  2. NOFX – Electricity
  3. Lagwagon – May 18
  4. Not Available – Quizmatazz
  5. No Use For a Name – Biggest Lie
  6. Shai Hulud – Beyond Man
  7. Sicktrick – Godzillia doesn’t Give a Crap About France
  8. Frenzal Rhomb – I Went Out With a Hippy and Now I Love

10. Kamu tidak bisa hidup tanpa?

Komik, action figure, rokok, dan saya tidak akan bisa hidup sampe sekarang tanpa menggambar. Kalau nggak menggambar mau dapet duit darimana? Hehe..

11. Tiga hal yang selalu dilakukan setiap pagi?

Minum kopi, merokok, nonton kartun, itu pun kalau bangun pagi sih, biasanya ya tidur pagi.

12. Terakhir, silakan kalau ada yang ingin disampaikan, pesan, kata-kata bijak, atau apapun itu?

Santai saja, jangan takut masa depan, dinikmatin aja, pokoknya simple life and happy ending. Salam olahraga. Terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *