Interview With Tremor

xtremor

Bulan Oktober tahun ini Wadezig! mengeluarkan edisi WDZG! x TREMOR: Not Dead Yet!, A Zombified Punk Spoof Series, yang merupakan kolaborasi kami dengan seorang ilustrator bernama Tremor. Ia merupakan graphic designer yang berasal dari scene punk sekaligus vokalis salah satu band punk, Milisi Kecoa. Bagi kamu yang ingin lebih mengetahui tentang ilustrator satu ini, simak interview kami di bawah ini.

167698_10150166845713942_5921680_nMulai menggambar tahun berapa?

Menggambar sejak kecil, tapi kalau menggambar untuk dipake sama orang lain kira-kira tahun 2003-2004 gitu.. agak lupa..

Ilustrasi atau desain yang pertama kali dibuat?

Lupa untuk siapa, yang pasti untuk band.

Band yang paling berkesan dalam pembuatan ilustrasi? siapa? kenapa?

Kalau ilustrasi yang dipakai band luar, banyak sekali yg saya suka. Dari mulai Ed Repka, Justin Bartlett, Andrei Bouzikov, Sampe Murdoch. Kenapa, ga ada alasan khusus sih, cuma suka aja.

Dari beberapa ilustrasi yang mana yang paling special?

Mungkin Nightbirds yang pertama kali saya buat dulu. Gambarnya ngasal, cuma bikin karena iseng ikutan semacam kompetisi kecil yang mereka buat, tantangannya: ngegambar personil nightbirds bugil. Harus berhubungan dengan surf. yg ikutan kompetisinya juga paling cuma beberapa belas orang, dan semuanya asal gambarnya. kebetulan saya menang. berkesan, karena fun ngerjainnya, ga ada beban dan ekspektasi. Kalau ngerjain ilustrasi pesenan orang biasanya kita dibebani dengan ekspektasi dari klien kan. Nah yang ini engga.

Kira-kira ada keinginan untuk membuat ilustrasi untuk band apa? 

Band sih mungkin ga ada, atau belum kepikiran. Yang saya pengen dari dulu sebenernya lebih ke film. Bikin ilustrasi untuk cover DVD re-issue film horror favorit misalnya.

Sedikit cerita tentang desain yang dibuat untuk edisi Rocktober?

Kebetulan WDZG minta dengan spesifik, kalau rocktober kali ini harus parodi dari cover album band punk, dan kebetulan juga Oktober adalah bulan menjelang halloween. unsur “halloween” yang saya pilih kebetulan zombie, jadi saya gabung punk dan zombie dalam satu karya mash-up.

xpose

wasted

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada ketakutan untuk bekerjasama dengan brand? kenapa?

Sebenernya bukan ketakutan, cuma agak males aja sih karena sudah ada beberapa brand lokal yang nawarin kerjasama dengan saya tapi bentuknya ga jelas dan ga fair. Kebanyakan brand pengen bayar desain semurah mungkin, dengan permintaan setinggi mungkin. kalo dikasih desain yang “seharga” dgn fee yang mereka kasih, malah ga jadi dipake karena ga sesuai harapan mereka yang ketinggian.

fortunate kid

rockpost

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk mereka pun dijualnya mahal dan jumlahnya banyak. Saya tau betul ongkos produksi (misalnya) kaos, dan saya bisa berhitung matematika dengan membandingkan harga jual produknya, dan jumlah produksinya. Tapi beberapa brand pengen membayar desain semurah mungkin. Nah yang kayak gitu menurut saya ga fair aja buat para desainer dan ilustrator yang sudah begadang bermalam-malam sampe sakit punggung karena kbanyakan duduk depan meja gambar/komputer buat ngerjain desain si brand.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *