Istilah-Istilah Street Art Yang Wajib Kamu Ketahui

Seperti subkultur lainnya, street art telah mengembangkan bahasa ‘slang’ mereka sendiri. Banyak istilah dalam seni jalanan yang mengemuka di kalangan mereka dan digunakan dalam bahasa sehari-hari budaya graffiti. Kamu mungkin pernah mendengar istilah seperti ‘bombing,’ ‘tag,’ ‘writer,’ ‘spot,’ dan lainnya. Tetapi, apakah kamu tahu maksud dari istilah tersebut? Juga, apakah kamu tahu istilah-istilah lainnya di dunia street art? Untuk menambah sedikit wawasan kalian, berikut kami berikan kata-kata atau istilah yang familiar di dunia seni jalanan ini.

Spot Jocking

spot jocking

Spot jocking, adalah istilah yang digunakan ketika seseorang menempatkan karya mereka dengan sedikit menimpa karya dari artist terkenal. Lihat foto di atas, karya ROA ditimpa dengan tag bertuliskan “Goog.”

Getting Up

getting up

Istilah ketika seorang seniman menempatkan graffiti-nya secara konsisten di beberapa tempat suatu kota. Hal ini dilakukan bermaksud untuk membangun reputasi dari si artist. Ketika sesorang mengakui karya dari artist bersangkutan, maka tujuan dari getting up sudah berhasil.

Legal Wall

legal waal

istilah bagi graffiti yang dibuat di tembok dengan mendapatkan izin oleh si pemilik bangunan, atau tempat khusus yang boleh digambari graffiti oleh siapa saja.

Sticky Side

sticky side

Kegiatan menempelkan stiker di berbagai tempat seperti halte bus, rambu-rambu jalan, atau tempat umum lainnya. Stiker yang ditempelkan biasanya berupa tag dari si artist atau karakter khusus buatan artist bersangkutan. Stiker yang terkenal di kalangan street artist biasanya bertuliskan “Hello My Name Is.”

Roller

roller

Karya graffiti yang dibuat dengan sebagian besar menggunakan cat tembok dan kuas rol dibandingkan dengan cat semprot. Kegiatan ini ditujukan bagi karya berukuran besar yang membutuhkan warna lebih banyak daripada umumnya, seniman seperti Blu, Aryz, dan Skewville adalah beberapa seniman yang sering menggunakan teknik ini.

Run Time

RUN TIME

Istilah yang mengacu pada seberapa lama karya graffiti berada di jalanan. Lamanya waktu dihitung dari pertama kali karya tersebut muncul di suatu tembok. Karena sifat karya street art yang mudah ditimpa dan hilang, semakin lama suatu karya bertahan, maka semakin bergengsi pula karya tersebut. Tercatat, street artist asal New York Costs dan Revs memiliki poster dan roller yang telah bertahan lebih dari 20 tahun.

Heaven Spot

heaven spot

Istilah bagi karya graffiti yang ditempatkan di area yang sulit dijangkau dan sulit untuk dihapus atau dihilangkan, tetapi paling mudah dilihat oleh semua orang atau strategis, gedung tinggi dan bilboard contohnya. Heaven spot memiliki tantangan tersendiri bagi para graffiti writer untuk membuat karyanya di spot-spot tersebut, karena selain berbahaya sekaligus bisa menaikkan pamor dari si artist tersebut. Untuk mencapainya hal yang mutlak dimiliki adalah tidak takut ketinggian dan memiliki skill memanjat. Invader dikenal sering menempatkan karya-karyanya di area strategis di berbagai belahan kota dunia.

Wildstyle

wildstyle

Graffiti text dengan gaya tiga dimensi, kadang saling menyilang, dan sukar untuk dibaca ketika pertama kali melihatnya.

Tag

tag

Kata lain bagi tanda tangan tapi lebih bergaya dan memiliki ciri khas masing-masing. jenis graffiti yang paling sederhana, tag sering dibuat dengan warna yang kontras dengan latarnya. Selain dibuat terpisah, tag juga sering disematkan ketika artist selesai membuat karyanya. Sebagai tanda tangan mengikuti seniman tradisional yang selalu memberikan signature dalam karya-karyanya.

Bomb/bombing

bombing

Kegiatan membuat banyak karya di suatu tempat, dikenal dengan istilah ‘bombing’. Bombers biasanya memilih gaya yang mudah dieksekusi seperti tag dan throw-up agar bisa dilakukan secara cepat dan tidak diketahui.

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *