Jaket Lapangan Yang Jadi Primadona Semua Kalangan

Dunia militer memiliki citra gagah dan berani, cap ini juga melekat pada fashion yang mereka gunakan. Dari seragam bermotif camo, jaket, hingga sepatu boots, menampilkan siluet yang berbeda bagi pemakainya. Jika dahulu hanya para prajurit yang bisa menggunakannya, kini banyak merek ternama membuat produk bertema militer untuk warga sipil.

Alpha Industries adalah salah satu merek yang konsisten dengan produk militernya. Merek ini awalnya hanya membuat produk-produk khusus untuk kalangan militer Amerika Serikat. Seiring perkembangan zaman, mereka melebarkan sayap menjadi perusahaan komersial pembuat produk-produk bergaya militer untuk sipil, yang spesifikasi dan bentuknya mendekati penggunan militer. Satu produk dari Alpha Industries yang paling ikonik yaitu M-65 field jacket.

Sumber foto: nickturse.tumblr.com

Dilihat dari sejarahnya, M-65 field jacket menyimpan cerita dan maksud tertentu penggunaannya. Jaket ini dibuat untuk digunakan pasukan tempur Amerika di masa Perang Vietnam. Cuaca dingin dengan curah hujan tinggi adalah salah satu alasan mengapa jaket ini dibuat, fungsinya tentu saja melindungi pasukan perang mereka. Pada perkembangannya, jaket ini jadi standar yang digunakan tentara Amerika untuk beberapa perang berikutnya.

Sumber foto: highsnobiety.com

Jenis jaket dengan ciri empat saku badan kini jadi salah satu incaran para pecinta fashion. Mereka menggunakannya secara oversized, yang kadang dibubuhi patch atau bordir sesuai kehendaknya. Dipadukan dengan jeans dan sneaker sudah bisa menampilkan sesuatu yang keren. Jika diurut kebelakang, kepopuleran jaket ini diawali ketika muncul di beberapa film seperti “Taxi Driver” dan “First Blood” dengan John Rambo-nya. Makin menjadi setelah banyak merek diluar Alpha Industries mengadopsi jaket ini sebagai koleksinya, dari brand streetwear ke high fashion setidaknya punya satu koleksi jaket lapangan. Supreme bahkan harus berkolaborasi dengan band metal Slayer untuk membuat jaket ini lebih spesial.

Dok. Pribadi

Merayakan field jacket yang tak lekang dimakan zaman, Wadezig! pun memiliki versi tersendiri dari jaket ini dengan penambahan kompartemen di berbagai sisi. Memiliki material baby canvas dengan warna hijau khas army, jaket ini bernama “Rogers Green”. Lihat foto-fotonya lebih detail di tautan ini.

Foto Banner: alphaindustries.com

Referensi 1
Referensi 2


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *