Jenis-Jenis Saku Pada Pakaian

Crowds, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya saku. Ya, variasi ini biasanya menempel pada pakaian dan digunakan sebagai penyimpan barang-barang berukuran kecil seperti uang koin, permen, hinggan handphone.  Pernah memperhatikan, kadang ditemukan saku yang berbeda-beda? Ternyata saku memiliki jenis dan istilahnya sendiri loh, dan di #WedWearing kali ini akan kami bahas saku yang biasa ditemukan pada pakaian kita sehari-hari. Seperti disebutkan sebelumnya saku atau dalam bahasa inggris disebut pocket merupakan wadah pada pakaian untuk menyimpan barang berukuran kecil. Kantung-kantung tas atau ransel pun bisa disebut dengan saku, dan dimasa lalu penggunaannya lebih mirip dengan pouch bag. 

Tacuinum_Sanitatis-threshing

Melihat sejarah tersebut, pada pakaian orang eropa abad ke 15 saku mulai digunakan dengan digantung  atau dikaitkan pada pakaian seperti ikat pinggang. Dahulu, penggunaannya kadang disembunyikan di belakang mantel atau rompi, yang dapat dijangkau melalui celah pakaian luar. Kini, saku biasanya langsung menempel pada pakaian, dan sering ditemukan pada kemeja, polo, jaket, sweater, jeans, dll. Tentang jenis-jenis saku berikut informasinya.

107px-Patch_pocket

Patch pockets, saku yang biasanya ditempatkan diluar pakaian dengan bagian atas tidak memiliki penutup. Sering ditemukan pada kemeja.

Print

Triangle round pockets, saku dengan lidah penutup bagian atas berbentuk segitiga, dan bagian sisi yang sedikit melingkar.

107px-Patch_pocket_topstitching

Patch pocket with topstitching, hampir mirip patch pocket namun memiliki jahitan mengikuti alur saku, biasanya terdapat pada jeans.

Print

Mitered pockets, saku berbentuk kotak yang bagian bawahnya terpotong miring. Pakaian dengan saku ini memiliki cuffs di bagian lengan yang sama potongannya.

Print

Button-thru pockets, saku dengan penutup kancing di bagian atas dan tidak memiliki lidah saku. Biasanya terdapat pada polo shirt.

107px-Flap_pocket

Flap pockets, saku yang memiliki lidah penutup dan biasanya terdapat pada bagian bawah jas.

107px-Buttoned_flap_box_pleat_pocket

Buttoned flap pockets, sama seperti flap pockets namun memiliki lubang di bagian lidah saku berfungsi untuk mengeratkan kancing.

Welt-Pocket

Welt pockets, saku berbentuk datar yang kantungnya disimpan di bagian dalam pakaian, dan hanya terlihat bagian atasnya saja.

funnel-neck-kangaroo-pocket-sweatshirt-raglan

Kangaroo pockets, biasanya terdapat pada saku sweater. Tak salah nama ini diangkat karena bentuk dan posisinya yang seperti kantung kangaroo.

Nah Crowds, itulah beberapa jenis saku yang sering kita temukan pada pakaian. Saku mana yang jadi favoritmu? Beri kami komentar di bawah ini ya.

*Diolah dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *