Jenis Washing Pada Jeans

Setelah sebelumnya mengetahui tentang jenis-jenis jeans, jeans berdasarkan potongannya, anatomi jeans, serta cara merawatnya. Edisi #WedWearing kali ini, kami akan membahas mengenai macam-macam washing pada jeans. Apa itu washingWashing pada jeans adalah proses untuk membuat efek fading yang realistis, sehingga menimbulkan kesan jeans yang telah dipakai lama. Konsep washing jeans pertama kali diperkenalkan oleh Jack Spencer untuk brand Lee, dan semakin hari semakin dikembangkan oleh beberapa produsen jeans sehingga washing menjadi ciri khas masing-masing brand. Berikut macam-macam washing jeans.

1. Garment wash

Adalah jenis washing dengan melunturkan kanji pada denim sehingga denim menjadi halus dan tidak keras lagi. Dan warna yang dihasilkan pun sama dengan warna denim asli sebelum di washing.

2. Bio bleach

Adalah jenis washing dengan menggunakan zat pemutih yang melunturkan zat indigo (zat pewarna) pada jeans. Sehingga warna yang dihasilkan adalah biru muda.

3. Stone wash

IMGP1203_original

Adalah jenis washing dengan alat bantu yaitu batu apung. Jeans dicuci ke dalam mesin cuci khusus bersamaan dengan batu apung dan diputar, sehingga permukaan jeans akan tergosok dengan batu apung dan mendapatkan efek fading yang khas.

4. Acid wash

what-to-wear-with-acid-wash-jeans-men-1

Dikenal juga dengan nama marble, moon wash atau snow wash. Jenis washing ini mirip dengan stone wash, tetapi perbedaannya adalah batu apung di celupkan dahulu ke dalam chlorine baru dimasukkan ke dalam mesin cuci khusus sehingga menimbulkan efek kontras pada jeans.

5. Sandblast

Men-s-Light-Wash-with-Sandblast-Jeans

Adalah jenis washing yang dilakukan dengan menyemprotkan pasir ke jeans dengan menggunakan alat khusus. Bagian yang terkena sandblast mempunyai efek yang lebih putih dibandingkan produk yang tidak terkena sandblast.

6. Whiskering

VANCL-Street-Fashion-Whisker-Pleat-Jeans-Men-s_7002827.bak

Adalah jenis washing yang menimbulkan efek lipatan-lipatan, biasanya whiskering ini ditempatkan pada paha dan lutut bagian belakang. Sehingga efek yang ditimbulkan seperti denim yang sudah pernah digunakan.

Bagaimana Crowds? Setelah mengetahui macam-macam washing, jenis washing mana yang kamu sukai? Lihat koleksi jeans Wadezig! di sini.

*Diolah dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *