Kala Empat Rapper Bermaraton Mikrofon

Memperingati 10 tahun Aksi Kamisan, Senartogok, Randslam, Joe Million, dan Doyz, merilis single kolaborasi “Maraton Mikrofon”. Berdurasi tujuh menit, keempatnya berbagi mikrofon, berkejaran menghunus kata juga rima. Dibuka dengan lengkingan riff gitar yang disambut prolog, kemudian Senartogok merapal beberapa kawan Kamisan. Selebihnya sila putar di bawah ini.

Seklias tentang Aksi kamisan, 10 tahun lalu, tepatnya Kamis, 18 Januari 2007, keluarga korban pelanggaran HAM dalam Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) menggelar aksi diam dengan berpayung hitam di depan istana negara untuk pertama kalinya. Kini, setelah satu dekade berlalu dan ratusan Kamis terlewati mereka tetap gigih berjuang.

“Aksi Kamisan” atau yang dikenal juga dengan sebutan “Aksi Payung Hitam” merupakan upaya untuk bertahan dalam memperjuangkan mengungkap kebenaran, mencari keadilan, dan melawan lupa setiap kasus pelanggaran HAM. Istana negara dipilih karena merupakan simbol pusat kekuasaan, dan payung hitam adalah simbol perlindungan dan keteguhan iman.

Sebagai bentuk solidaritas, Kamisan tak hanya berpusat di istana negara tetapi kemudian menyebar dan berlangsung serentak di berbagai kota. Bandung, Malang, Jogja, dan Surabaya, merupakan beberapa kota yang rutin menggelar Kamisan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *