Kaleidoskop 2016: WADEZIG! Special Edition

Tahun 2016 banyak diisi dengan kolaborasi bersama artist lokal maupun internasional. Hasil kolaborasi ini bermuara pada rilisnya edisi spesial: WADEZIG! Artist Series dan Artist for WADEZIG!. Nama-nama terkenal seperti Mr. Bloodshed, Matthew Adis, Yu Maeda, dan Maman Rosnan, jadi line-up utama. Tak ketinggalan talenta lokal seperti RBST dan Alfiandikid yang berhasil mencuri perhatian lewat karyanya.

Berikut t-shirt edisi spesial WADEZIG! di tahun 2016.

1. Mr. Bloodshed

Dibuka dengan kolaborasi bersama artist asal Colorado Springs, Amerika Serikat, Mr. Bloodshed, di bulan Maret. Kolaborasi ini menghasilkan sebuah karya berjudul “Markers!” yang dicetak dalam t-shirt. Dalam karya ini, Mr. Bloodshed memvisualisasikan berbagai peralatan menggambar yang jadi hidup bagaikan monster yang liar, seakan siap menyerbu tembok-tembok kota.

2. Maman Rosnan

IMG_5488

Berlanjut dengan kolaborasi bersama seniman Malaysia, Maman Rosnan. Kolaborasi lintas negara serumpun ini didasari keinginan untuk saling bertukar pikiran, sekaligus berbagi informasi mengenai dunia ilustrasi dan desain grafis di negara masing-masing. Selebihnya, menghasilkan output berupa produk hasil buah pikiran bersama.

Ilustrasi tengkorak berjubah yang memegang jantung dengan dua burung gagak jadi karya yang tercipta. Kemudian kami mencetaknya dalam t-shirt hitam dan aplikasi sablon plastisol.

3. Matthew Adis

IMG_5588

Pada kesempatan ketiga kami membawa seorang ilustrator asal Philadelphia, Pensylvania, Amerika Serikat, Matthew Adis. Tentang kolaborasi ini, proses kreatifnya dilakukan secara jarak jauh. Kami dan Adis saling berbalas email membahas kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Dari mulai ide, konsep, draft desain, hingga jadi sebuah produk, semuanya dilakukan dengan surat-menyurat elektronik.

Adis membuat ilustrasi wajah manusia berlatar hitam dengan kupu-kupu dan serangga-serangga yang menempel di depannya. Hanya satu warna yang digunakan, hitam, dari detail hingga blok warna. Karena ilustrasi Adis didominasi warna hitam, media yang pas untuknya tentu saja t-shirt putih.

4. RBST For Crowds

IMG_6760

WADEZIG!CROWD selalu mendapat tempat spesial di hati kami, keberadaannya menjadi semangat kami untuk memberikan karya terbaik. Lebih dari itu, terjalin ikatan yang saling melengkapi satu sama lain. Maka, sebagai ungkapan rasa terima kasih, kami menghadirkan t-shirt edisi spesial khusus CROWD.

Untuk artwork t-shirt ini kami menggandeng seorang ilustrator kenamaan, Roar Beast (RBST). Ia membuat seorang prajurit samurai atau bushido lengkap dengan baju zirah dan persenjataan lengkap, bukan pedang katana melainkan roller dan spray cans.

5. Yu Maeda

Pertengahan tahun kami melakukan kolaborasi bersama artist internasional asal Jepang yang bermukim di California, Yu maeda. Merupakan sebuah kebanggaan bisa bekerja sama dan merilis karya Yu Maeda. Terlebih, artwork yang ia buat khusus untuk kami dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Unsur psikedelik kental terasa dalam artwork ini, melihatnya seperti ilusi optik dan membawa kita ke alam bawah sadar. Pemilihan warna-warna kontras, objek surealistik, dan garis-garis tegas makin menguatkan kesan tersebut.

6. Alfiandikid

img_0528

Pencarian akan talenta ilustrator dengan karya mengagumkan tak pernah berhenti, dan satu nama yang kami ajak berkolaborasi yaitu Andy Eka a.k.a Alfiandikid. Pada edisi ini, Alfiandikid menghadirkan ilustrasi berupa tiga zombie yang masing-masing memegang spray paint dan kuas, buku, dan bom molotov. Edisi ini merupakan bagian dari Artist for WADEZIG!.

Itulah tadi enam edisi spesial WADEZIG! di tahun 2016. Mana yang kamu punya, Crowds?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *