Ketahui Jenis Motif Pakaian, Part 2 (Stripe)

Setelah di #WedWearing minggu lalu kami membahas tentang motif pakaian kotak-kotak, edisi kali ini kami teruskan pembahasan tentang motif pada pakaian. Selain kotak-kotak, dikenal juga motif garis atau disebut stripe, pada pakaian garis ini biasanya berdiri vertikal kadang diagonal. Ternyata, setiap motif garis memiliki jenis dan istilahnya sendiri sesuai dengan besar kecilnya garis. Untuk lebih mengenal apa saja istilah pada motif garis, kami berikan informasinya.

1. Awning Stripe

awning

Garis ini merupakan garis terlebar yang pernah digunakan dalam suatu pakaian. Dipakai secara vertikal dan lebar yang digunakan biasanya memiliki ukuran 1/4 inchi setiap garis. Terdiri dari garis dengan warna solid dengan background putih. Nama awning berasal dari pola garis yang umum ditemukan pada tenda. Garis-garis yang lebih luas biasanya ditemukan pada kemeja kasual.

2. Bengal

bengal

Bengal memiliki garis yang sedikit lebih tipis dari awning stripe. Memiliki warna solid dengan latar berwarna putih

3. Candy Stripe

candy

Garis yang memiliki motif lebih tipis dari bengal, dan biasanya memiliki lebar 1/8 inchi. Candy stripe memiliki kerapatan yang padat antar garis dan biasanya berada pada latar putih. Nama ini berasal pada pola tongkat permen.

4. Pencil Stripe

pencil

Memiliki garis yang lebih tipis dari candy stripe dengan lebar antar garis bervariasi. Motif garisnya setipis guratan pada pensil.

5. Pin stripe

pin

Garis yang dihasilkan biasanya lebih tipis dari pencil stripe. Garisnya memiliki tebal 1-2 benang atau kadang patah-patah. Memiliki lebar yang bervariasi dalam pengaplikasiannya.

6. Hairline Stripe

hairline

Hairline stripe merupakan garis-garis tipis pada pakaian yang memiliki lebar seperti rambut. Garis ini biasanya sangat dekat dan saling merapat sehingga membuat pakaian menghasilkan efek solid yang berstektur. Menjadikannya pola yang fleksibel untuk kemeja.

7. Bar Code Stripe

barcode

Pola garis bar code terdiri dari garis-garis berbeda ukuran yang saling rapat satu sama lain. Karena menyerupai bar code, nama tersebut akhirnya digunakan untuk pakaian dengan motif ini. Pola ini terdiri dari dua warna atu lebih yang bervariasi.

8. Shadow Stripe

shadow

Pola ini memiliki garis yang menempel dengan garis lainnya sehingga menciptakan efek bayangan. Garis ini memiliki lebar yang bervariasi dan biasanya terdiri dari dua atau tiga warna yang berbeda.

Itulah beberapa motif garis yang umum ditemukan pada pakaian, kamu sering menggunakan motif jenis apa crowds?

*Diolah dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *