Ketika Katun Menginvasi WADEZIG! Playground

Awal Mei silam, kami kedatangan tamu spesial yang berkunjung ke Wadezig! Playground, dia adalah Mr. Katun. Dalam lawatannya, selain berbincang santai Katun akan mendekorasi Playground dengan graffiti buatannya. Hal ini sudah direncanakan sejak lama, bahkan ketika pertama kali kami pindah menempati tempat ini. Beberapa spot tembok yang ada di Wadezig! Playground memang didedikasikan bagi karya Wadezig! Familia atau artist lainnya. Setelah Stereoflow mengisi sudut tembok bagian bawah, Katun mengisi tembok besar di bagian atas.

IMG_0643(1)

IMG_5639(1)

Ditemani udara segar pagi hari juga dengan hangatnya sinar mentari, katun mulai mengguratkan garis demi garis dengan spray cans ditangan kirinya. Untuk menambah mood, Katun memutar playlist lagu bernuansa hip-hop dari handphone-nya. Tak berapa lama, sketsa awal telah membentuk, dari sini kita bisa melihat Katun akan menggambar karakter kera yang jadi ciri khasnya selama ini. Kemudian, Katun mulai mewarnai bagian dalam dan membuat gradasi warna karakter tersebut. Proses inilah yang memakan waktu lama, Katun mencampurkan dan saling menimpa warna demi warna untuk menghasilkan gambar yang tampak hidup. Kini kita tahu, bahwa kera ini memakai helm dan baju camo layaknya tentara.

IMG_5650(1)

IMG_5663(1)

IMG_5695(1)

Gambar telah setengahnya rampung, masih ada beberapa tahap lagi untuk menyelesaikan semuanya. Setelah beristirahat sejenak, katun kembali memoles bagian lain. Ternyata, tentara kera ini sedang bersiap melempar suatu benda yang ada di tangannya, bukan bom melainkan cat semprot. Hal tersebut dipertegas dari guratan Katun. Selain itu, terdapat pula pensil yang lepas dari gigitan sang kera, juga dengan helm yang penuh patch dan tagging.

IMG_5703(1)

IMG_5747(1)

IMG_5752(1)

Memasuki tahap akhir gambar, Katun akan memberikan efek asap seolah-olah sedang berada di medan pertempuran. Di sini kejutan lain datang, tak disangka salah seorang teman baik kami lainnya, Olderplus, tiba-tiba muncul menampakan dirinya. Tanpa aba-aba, Olderplus bergabung dengan katun untuk memberikan background gambar ini. Dengan spray cans berwarna merah, Olderplus mulai membuat simbol-simbol serta huruf yang menjadi style-nya. Jadilah ini kolaborasi dua street artist lintas negara, Indonesia dan Malaysia. Sungguh bahagia tak terkira, memiliki karya keduanya menempel di rumah kami sendiri.

Lalu, semuanya selesai. Katun dan Olderplus meninggalkan jejak yang begitu berharga. Piece yang didedikasikan bagi WADEZIG! Playgorund, suatu tempat dimana kamu bisa berkespresi, menyuarakan ide, gagasan, dan berkesenian.

IMG_5762(1)

IMG_5781(1)


One reply on “Ketika Katun Menginvasi WADEZIG! Playground

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *