Kisah Tentang Jerusalem dan WADEZIG!

Crowds, mungkin di antara kalian sudah ada yang punya sweater, kaos ataupun produk WADEZIG! lainnya yang bertuliskan JERUSALEM. Tapi tahu gak sih sejarah mengenai kota Jerusalem (bahasa ibraninya: Yira Shalem) atau alasan mengapa WADEZIG! memilih untuk mengangkat Jerusalem? Ada beberapa crowd juga yang menanyakan hal itu di twitter dan facebook. Jadi, simak artikel ini agar tahu jawabannya!

 tees_mei03a

Dengan fakta sebagai salah satu kota tertua di dunia, kontribusi Jerusalem terhadap sejarah dunia dimulai 3500 tahun sebelum masehi ketika kitab perjanjian lama mendefinisikan sebuah (lebih) lokasi yang letaknya lebih tinggi dari permukaan di sekitarnya, disusul periode Hyksos di mana Raja Daud menjadikan Urusalim, sebutan Jerusalem pada teks-teks Mesir Kuno, sebagai ibukota dari Negara Israel. Pada periode ini, Jerusalem mulai dibangun sebagai pusat spiritual bangsa Israel dan akhir dari periode keemasan ini ditutup dengan invasi yang dilakukan oleh Raja Nebukhanezar yang meluluhlantahkan Jerusalem beserta bangunan-bangunan suci di dalamnya.

Jerusalem bukan sebuah kota dengan luas sebesar Mount Isa di Australia, sekaya Abu Dhabi atau sepadat Tokyo karena populasinya kurang dari satu juta jiwa. Jerusalem hanya sebuah kota yang dijadikan ibukota oleh Negara Israel yang terletak di pegunungan Yudea dekat laut Mediterania dan Laut Mati. Ditinjau dari budaya dan kekayaan alam hayatinya, tidak ada yang menarik untuk dibicarakan dari Jerusalem. Jadi, untuk apa melibatkan Jerusalem dalam konflik yang dimulai dari penyerangan bangsa Siria tahun 721 SM sampai dengan konflik Israel-Palestina di abad ini selalu melibatkan Jerusalem?

 tees_mei11

Jerusalem adalah kota yang terletak di persimpangan dunia, persimpangan dari banyak sejarah umat manusia di dunia juga persimpangan dari agama-agama samawi di dunia, bahkan di dalam kitab-kitab suci samawi Jerusalem disebut sebagai minuman yang memabukkan bagi orang-orang sekelilingnya dan yang bisa menguasainya adalah orang-orang terpilih.

Talmud bahkan menegaskan bahwa Tuhanlah yang memberi nama Jerusalem dan Tuhan merefleksikan diri dan kekuatan-Nya pada kota ini. Jerusalem merupakan sebuah metafora dunia dalam keadaan yang sempurna, yang menjadikan penduduknya sebagai umat/makhluk yang terpilih, sebuah kota yang diyakini banyak pihak barang siapa yang bisa mengatur Jerusalem akan mengatur memori dunia, mengontrol bagaimana perspektif makhluk terhadap Tuhannya, negaranya dan makhluk lainnya. Tujuan itulah yang ingin dicapai oleh perang salib dan disusul perang-perang lain dengan dalih agama di Jerusalem.

 mei13

Jerusalem menjadi saksi selama ribuan tahun bagaimana peradaban manusia menjadikan kota yang namanya diambil dari kata kedamaian, harmoni, dan kesempurnaan menjadi sebuah kota yang dipenuhi oleh perang, kebencian, dan konflik kepentingan berkepanjangan. Jerusalem merupakan penjelmaan panggung dunia di mana sifat dasar manusia sebagai aktornya dan memainkan peran sebagai tujuan suci agama untuk memperoleh sebuah piala penghargaan bernama tatanan dunia baru. Pertanyaan yang tersisa hanya, berapa lama durasi dari drama ini?

Sejarahnya yang panjang, keunikan kotanya, dan filosofinya yang sangat dalam itulah yang membuat WADEZIG! memiliki ketertarikan dan kekaguman personal terhadap Jerusalem. Kebetulan pada tahun 2005 sempat muncul tren desain t-shirts yang bertuliskan nama kota-kota besar dunia seperti Manchester, Tokyo, dan London. The naughty side of us tergelitik untuk menyindir dengan membuat parodinya berupa tulisan kota favorit kami yang sangat jauh dari kesan fancy, trendy, atau keren, JERUSALEM! Tapi diluar dugaan, t-shirts yang diproduksi dalam jumlah terbatas tersebut ternyata diminati banyak orang. Bahkan, setelah diproduksi ulang dengan berbagai varian warna, tetap saja mendapat respon yang sangat bagus. Ternyata WADEZIG! berhasil menularkan kekagumannya terhadap Jerusalem kepada banyak orang.

tees_mei09

Tahun 2009, WADEZIG! mengangkat issue yang berjudul RAW. Sesuai namanya, saat itu segala sesuatunya mulai dari desain produk, desain grafis, desain promotional stuff, sampai WADEZIG! OfflineStore dibuat bergaya raw, unfinished, dan distortif. Pada isu ini konsep JERUSALEM semakin kuat. Tidak lagi hanya berupa tipografi sebagaimana desain t-shirt awalnya, tapi juga dibuat beberapa artworks bertema Jerusalem. Selain itu juga dikembangkan pada produk lainnya seperti sweater, jaket, dan topi. Dan lagi-lagi, sangat digemari. Jerusalem seperti memiliki fans-nya sendiri. Bahkan untuk beberapa orang, Jerusalem sudah menjadi collectible item. Mereka tidak lagi membeli produk-produk bertema Jerusalem untuk dipakai, tapi untuk dikoleksi. Sangat mirip dengan kota Jerusalem itu sendiri, selalu diperebutkan untuk dimiliki. Selain Jerusalem, tahun 2009 ini WADEZIG! juga mengeluarkan t-shirts series bertema kota-kota konflik, seperti Mogadishu dan Abepura. Tapi yang bertahan dan terus digemari sampai sekarang hanya Jerusalem.

Ini adalah salah satu bukti bahwa WADEZIG! selalu melakukan apa yang disukai bukan apa yang sedang hype. WADEZIG! mengagumi Jerusalem dan menunjukkan rasa kagum tersebut dalam bentuk artworks. Jadi ketika tren fancy cities tersebut pelan-pelan menghilang, Jerusalem tetap bertahan, karena kekaguman itu sama seperti keyakinan, tidak akan berakhir semudah tren berganti.

Bagaimana pendapat kalian mengenai Jerusalem, Crowds? Produk Jerusalem mana saja yang sudah kalian koleksi? Kasih komentar di bawah ini atau mention @WDZG di twitter!

 tees_mei07

tees_mei03c tees_mei06 tees_mei05


7 replies on “Kisah Tentang Jerusalem dan WADEZIG!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *