Komik Strip Yang Populer di Instagram

Apa yang kamu unggah di Instagram? Swafoto? Artwork? Makanan? Apapun itu, dengan segala fitur yang ada di media sosial ini memudahkan kita untuk berekspresi. Sebagai salah satu bentuk ekspresi, Instagram juga digunakan banyak komikus untuk memperlihatkan karya komik mereka kepada khalayak luas. Kebebasan dalam berkarya merupakan salah satu alasan bagi mereka merilis komiknya di media sosial, terlebih Instagram yang memiliki layout square dan portrait memudahkan mereka meletakan panel komiknya.

Komik strip atau strip komik merupakan jenis komik yang sering diunggah ke Instagram. Tersusun dari dua hingga empat panel, komik strip menawarkan bentuk naratif atau humor singkat didalamnya. Dengan panel terbatas, komikus dituntut untuk lugas dalam menyampaikan maksud komiknya. Konsistensi dan keteraturan merupakan ciri lain dari komik strip, oleh karenanya media sosial jadi sarana yang tepat bagi para pembuat komik strip menerbitkan karya mereka.

Kami ajak kalian melihat komik strip buatan dalam negeri paling populer di Instagram.

1. Tahilalats

A post shared by Mind Blowon (@tahilalats) on

Dengan lebih dari 1,8 juta pengikut, komik ini menawarkan cerita humor yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Diciptakan oleh Nurfadli Mursyid, ciri khas komiknya adalah gambar-gambar karakter sederhana yang tampak dibuat sekenanya. Tapi disitulah keunikan Tahilalats dibandingkan komik lain, cerita yang mudah dimengerti dan mengundang tawa adalah kekuatan komik ini.

2. Masdimboy

A post shared by Adimas Bayu (@masdimboy) on

Ciri khas komik ini yaitu pewarnaannya yang hanya hitam putih serta karakter berkacamata dan bertopi bernama Masdimboy. Karakter Masdimboy merupakan alter-ego dari pembuatnya yang bernama Adimas Bayu. Cerita komik strip-nya bergaya humor dengan plesetan dan banyolan jenaka.

3. Si Juki

A post shared by si Juki (@jukihoki) on

Juki merupakan seorang mahasiswa dengan pemikiran kritis yang anti mainstream. Ia kadang usil dan tidak tahu malu, meskipun begitu Juki peka terhadap isu-isu sekitarnya. Selayaknya mahasiswa, Juki memiliki beragam masalah yang solusinya selalu anti mainstream, dari penyelesaian deadline tugas hingga bertahan hidup ala anak kos. Karakter Juki diciptakan Faza Meonk, yang inspirasinya datang dari kegelisahan dirinya akan perkembangan komik dan karaktet komik lokal.

4. Mice Cartoon

Komik buatan Muhammad “Mice” Mirsad ini bisa dibilang sebagai salah satu pelopor komik strip di Indonesia. Muncul pertama kali sekitar tahun 2003 di koran Kompas, komik ini dahulu berjudul “Benny & Mice”. Kini, Mice Cartoon merambah media sosial, Instagram salah satunya. Cerita yang ditawarkan komik ini begitu beragam dari kehidupan sehari-hari, politik, dan budaya-budaya khas Indonesia.

5. Komikazer

Diciptakan oleh Muhammad Reza Mustar atau yang akrab disapa Azer, komik ini banyak mengangkat isu-isu sosial, satir, dan sindiran-sindiran akan kegaduhan dunia politik saat ini. Disamping itu, ia kerap mengunggah komik bergaya humor dengan beragam karakter.

Diluar daftar ini masih banyak komikus-komikus handal dengan karya-karya yang tidak kalah menarik. Mana komik strip favorit kalian, Crowds?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *