Kunci Untuk Bergaya ala Streetwear

Satu dekade terakhir perkembangan dunia fashion, streetwear khususnya, bisa dibilang sangat pesat. Terbukti dengan hadirnya ragam produk penunjang penampilan di pasaran yang saling berlomba menciptakan inovasi-inovasi terbaru. Merujuk pada istilah “streetwear,” produk-produk yang dibuat tentunya adalah jenis pakaian kasual yang nyaman digunakan seperti t-shirt, jeans, topi, sneakers, dll. Intinya item-item yang digunakan sehari-hari namun tetap terlihat gaya ketika memakainya. Lalu, bagaimana menampilkan gaya streetwear di keseharianmu? Ikuti langkah-langkah sederhana yang akan kami bahas di bawah ini.

1. Gunakan Logo Brand Favoritmu Dengan Bangga

IMG_3619

Kini logo lebih dari sekedar tanda, terlebih di ranah streetwear. Semakin tenar logo brand yang menempel di pakaianmu, maka pengakuan terhadapmu semakin besar pula. Kamu akan dianggap orang yang paling tahu gaya tersebut, dianggap sejajar dengan brand ambassador yang diangkatnya, dan mengetahui filosofi didalamnya. Sebagai contoh, ketika kamu mengenakan Vans orang-orang sekitarmu pasti akan menganggap bahwa kamu adalah skateboarder atau pecinta olahraga ekstrim.

Ini adalah kunci dasar untuk masuk ke ranah streetwear, kumpulkan produk dengan logo brand menempel di dalamnya. Namun pastikan kamu tidak menempel semua logo brand di saat bersamaan karena akan tampak seperti iklan berjalan.

Baca Juga: Cerita di balik penciptaan logo Wadezig!

2. Gunakan Pakaian Dengan Sedikit Longgar

399cd960-c949-4bfa-a6b0-b63beef047a7

Kunci selanjutnya adalah gunakan pakaian yang sedikit longgar dan tidak ketat. Sejak kehadirannya yang berawal dari kultur surf dan skateborad, streetwear identik dengan orang-orang yang tidak terlalu berotot, dan ramping. Tengok saja para skateboarder yang biasanya memakai t-shirt longgar ketika beraksi. Agar menampilkan kesan berbeda, kamu bisa mencoba layering dengan memakai t-shirt dan kemeja bersamaan.

3. Buatlah Statement

IMG_3537

Sebagai sebuah subkultur, produk-produk streetwear khususnya t-shirt, digunakan sebagai kanvas kosong untuk menyampaikan gagasan, ide, komentar, atau keresahan-keresahan yang mereka yakini. Hal tersebut biasanya direpresentasikan dari artwork atau visual yang tercetak, dalam bentuk gambar maupun kata-kata langsung. Jadi sebelum kalian membeli t-shirt brand dengan artwork tertentu pastikan kamu tahu maksud dibalik desain tersebut.

Baca Juga: Kisah antara Wadezig! dan Jerusalem

4. Miliki Jogger Pants

IMG_3254

Beberapa tahun ini jogger pants merupakan highlight di dunia streetwear. Berbagai brand telah mengembangkan jenis celana dengan karet di bagian pinggang dan mata kaki ini, tengok saja di beberapa website seperti Hypebeast. Memiliki setidaknya satu jenis celana ini membuat kesan streetwear kamu semakin kuat. Cukup padukan dengan sneaker dan t-shirt untuk gaya maksimal.

Baca Juga: Mengapa Wadezig! menyebutnya Chogger?, 5 Brand dengan koleksi jogger terbaik

5. Jangan Hiraukan Snapback

IMG_3610

Topi model snapback adalah esensi selanjutnya dari gaya streetwear. Jangan hiraukan topi ini! Aksesoris ini sejak lama telah menjadi pelengkap gaya pecinta fashion streetwear. Gaya yang sedang menjadi trend adalah memadukan snapback dengan blazer dan jeans.

Baca Juga: Tips merawat snapback, 5 gaya menggunakan snapback

6. Camouflage Lebih Maskulin

11947749_10153550389375928_2272738729997430650_o

Hanya di streetwear pakaian dengan motif loreng tidak akan membuatmu terlihat seperti tentara. Banyak brand mengaplikasikan motif ini  ke berbagai produk mereka dari jaket, tas, t-shirt, hingga celana sekalipun. Motif camo menampilkan kesan maskulin yang khas untuk setiap penampilanmu. Miliki juga produk dengan motif ini di lemarimu.

Baca Juga: Asal mula camouflage pattern, Tren camouflage di streetwear

7. Sempurna Dengan Sneakers

Terakhir, sempurnakan penampilan dengan sneakers. Banyak jenis sneakers yang bisa kamu pilih di pasaran dari Nike, Adidas, New Balance, Saucony, dll. Sedikit tips, pilih warna netral seperti hitam atau putih agar mudah dipadankan dengan atasan yang dikenakan.

Baca Juga: Memadukan sneakers dengan jogger

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *