Limited Edition Spray Cans

Cat semprot atau spray cans merupakan salah satu alat yang penting bagi para graffiti writers. Ucapkan terima kasih kepada penemunya, karena dengan ditemukannya cat semprot penggiat graffiti bisa dengan mudah mengguratkan garis demi garis ketika membuat karya. Cat semprot sangat efisien ketika digunakan, mudah dibawa, dan memiliki warna beragam.

Idientiknya cat semprot dengan graffiti, menarik minat banyak perusahaan untuk berinvestasi di sini. Beberapa sudah memiliki nama besar seperti MTN, Montana, Ironlak, dll. Mereka saling berlomba menawarkan cat yang tidak hanya berkualitas tapi juga menarik dalam kemasannya. Salah satu cara yang ditempuh dengan berkolaborasi dengan writers ternama, brand, majalah, dan kolektif lainnya. Lebih dari sekedar cat, cat semprot edisi terbatas ini memiliki nilai estetika lebih. Berikut daftarnya.

1. Obey x Montana Colors MTN Limited Edition

obey-montana-colors-cans-1

Pada 17 April 2012, Montana Colors berkolaborasi dengan salah satu nama besar di dunia graffiti yaitu Obey atau dikenal sebagai Shepard Fairey. Kerja sama ini menghasilkan tiga cat kaleng dengan warna klasik khas Obey yaitu merah, cream, dan hitam. Cat kaleng ini menjadi spesial karena setiap warna hanya dibuat 500 pieces. Semakin spesial karena memiliki kemasan khusus box kayu bergambar bintang Obey, dan tanda tangan Shepard Fairey, keren bukan? Cat ini semakin terbatas karena setiap orang hanya dibolehkan membeli satu cat saja.

2. Dabs & Myla x MTN

edicion_limitada_dabs_myla_mtn_1

Karya pasangan dengan ciri khas gambar kartun ini tak luput untuk dijadikan cat semprot edisi terbatas oleh MTN. Cat semprot ini memiliki gambar kaleng yang sedang berjalan dengan mimik muka tersenyum. Memiliki box set kayu dengan signature Dabs & Myla, edisi ini dirilis tahun 2015 silam.

3. OG Slick x MTN

mtn_limited_edition_og_slick_1

Edisi spesial berikutnya dari MTN adalah kolaborasinya bersama artist Los Angeles, OG Slick. Gaya graffiti OG Slick merupakan campuran dari budaya pop dan estetika street art. Cat semprot ini memiliki gambar tangan yang menjadi ciri khas Slick membentuk huruf “LA” singkatan dari Los Angeles. Edisi ini dirilis tahun 2015 silam

4. Invasian Magazine x MTN

mtm-colors-on-the-run-invasian-magazine-4-1

Kalau di atas kita sudah melihat beberapa cat semprot sungguhan, yang ini sungguh sangat berbeda. Majalah graffiti Asia Invasian Magazine berkolaborasi dengan MTN merilis replika cat semprot dengan bahan keramik.

5. Sneaker Freaker x Montana

sneaker-freaker-montana-spray-can-01

Kultur graffiti dan sneaker merupakan pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini dilirik oleh merek cat Montana untuk membuat cat semprot kolaborasi dengan salah satu majalah sneaker terbesar asal Australia, Sneaker Freaker. Isi dari cat semprot ini berwarna merah terang yang mengingatkan pada salah satu sneaker ikonik Nike Airmax.

6. Carhartt x MTN

carhartt-montana-colors-2

Merupakan kolaboras pertama yang dirilis MTN dan Carhartt dengan menggandeng seniman Prancis, KoolFunc’88. Isi cat semprot ini berwarna coklat yang merupakan warna kebesaran dari Carhartt. Desainnya dibuat dengan teknik litografi dimana seniman langsung menggambar pada media kaleng, bukan kertas yang ditempel. Edisi ini dibuat hanya 500 kaleng untuk seluruh dunia.

7. POW! WOW! x Montana

montana-cans-pow-wow-hawaii-2016-01

Montana Cans kembali menggebrak dengan rilisan cat semprot edisi terbatasnya dengan berkolaborasi dengan salah satu festival seni terbesar, POW! WOW!. Dirilis pada bulan Februari silam, edisi ini dikeluarkan bertepatan dengan perayaan POW! WOW! 2016 yang berlangsung di Hawaii. Memiliki warna ungu cerah, cat semprot ini terlihat minimalis dengan hanya logo POW! WOW! yang menempel.

8. 123 Klan x MTN

123.KLAN_lo

Salah satu graffiti crew kenamaan asal Prancis 123Klan tak luput diajak MTN untuk berkolaborasi. Gaya khas mereka diaplikasikan pada cover cat semprot dengan perpaduan warna hitam, kuning, dan putih, sedangkan isinya sendiri berwarna emas. Kombinasi ini menghasilkan sesuatu yang elegan dan tampak mewah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *