Logo Grup Hip-Hop Terbaik Sepanjang Masa

Siapa yang tidak ingat dengan masa-masa keemasan Hip Hop (Golden Era) yang dimulai ketika Run DMC menelurkan album “Raising Hell” pada tahun 1986, dan diakhiri dengan munculnya G-Funk pada tahun 1992. Kalau kamu hidup di era tersebut, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti Public Enemy, Beastie Boys, Gang Starr, atau House of pains.

Sayangnya, setelah masa-masa keemasan Hip-Hop yang banyak ditandai oleh logo-logo iconic, hip-hop mulai beralih dari grup ke penyanyi solo, visual hip-hop pun ikut berubah. Meskipun ada banyak kelompok mulai dari Brick Squad hingga Young Money, tapi modelnya telah berubah. Ada banyak grup terbentuk, mencetak hits, dan akhirnya para anggotanya menjadi penyanyi solo. Di fase ini, seni logo juga jadi ikut menghilang.

Seiring dengan perubahan seluruh industri musik ini, presentasi visual artis hip-hop pun ikut berubah dari promosi foto, kemasan album, dan video ke penampilan multimedia. Label lebih sering melibatkan perusahaan desain besar untuk keperluan promonya sehingga kita tidak bisa kembali melihat logo-logo seperti “Wu Tang Clan” atau “RUN DMC” yang memiliki identitas, karakter, dan pesan-pesan yang memiliki kekuatan.

Buat me-refresh memori kamu, Green Label Sound merilis beberapa logo musisi hip-hop terbaik sepanjang masa. Mana favorit kamu?

(via Green Label)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *