Melihat Karya Terbaru Banksy di London

Street artist legendaris asal Inggris, Banksy, kembali menggebrak dengan karya stensil terbarunya yang muncul di dekat kedutaan Prancis, London, Inggris. Karya seni ini menggambarkan ikon karakter anak perempuan dari karya fiksi Les Miserables bernama Cossete dengan air mata bercucuran karena bom gas air mata di bawahnya, dan latar bendera Perancis di belakangnya.

Seperti diberitkan Telegraph, stensil ini diperkirakan muncul pertama kali pada Minggu malam. Hal tersebut kemudian dikonfirmasi Banksy dengan unggahan gambar serupa di laman websitenya. Berbeda dengan karya Banksy sebelumnya, stensil ini memberi kesan interaktif dengan kode QR yang tergambar tepat di sampingnya. Ketika kode tersebut dipindai, kita akan diarahkan menuju video berdurasi tujuh menit yang diunggah di YouTube memperlihatkan penderitaan imigran di Calais yang dibombardir gas air mata, peluru karet, hingga granat oleh polisi.

Diduga, karya tersebut merupakan bentuk protes Banksy terhadap kejadian yang menimpa para imigran asal Suriah tersebut. Sebelumnya Banksy juga sempat membuat stensil dengan gambar Steve Jobs di kamp penampungan imigran Calais. Tak lama setelah stensil tersebut menjadi perbincangan, pihak pengembang pemilik bangunan memutuskan untuk menutup karya tersebut dengan papan kayu.

Referensi
Referensi
Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *