Melihat Sisi Lain Budaya Seni Jalanan Melalui “Surplus Candy”

Kita mungkin lebih mengenal Banksy sebagai street artist, tetapi apakah kamu tahu soal Hanksy? Sejak piece pertamanya di tahun 2012, graffiti artist anonim asal New York, Amerika Serikat, ini terus melejit namanya berkat graffiti-graffiti sarat humor atau parodi yang lebih dekat dengan satir. Ia menasbihkan dirinya diciptakan untuk internet dan karyanya adalah campuran dari referensi budaya pop yang dibentuk sebagai “living memes”. Menurutnya, nama Hanksy merupakan mash-up dari Banksy dan Tom Hanks.

Proyek terbarunya merupakan web series berjudul “Surplus Candy” yang ia garap secara kolaborasi bersama brand The Hundreds. Dalam proyeknya ini Hanksy melakukan perjalanan ke berbagai kota seperti Montreal, Austin, Chicago, dll, dan bertemu dengan penggiat street dan urban art lokal. Berkeliling melihat karya-karya graffiti sekaligus menanyakan tentang perkembangan street art di sana. Show ini menjadi kritis dan cerdas ketika Hanksy melemparkan isu-isu yang ada pada dunia street art kontemporer, sekaligus memaparkan hubungan kacau dalam budaya seni jalanan. Hanksy menekankan pertanyaan dengan konteks memahami budaya ini lebih baik dan mungkin bisa merubah proses kreatifnya sendiri. Untuk menggambarkan lebih lanjut mengenai series-nya ini, dalam suatu wawancara Hanksy pernah berkata:

There’s a bunch of art getting painted on walls between New York City and Los Angeles and it’s my opinion that if a knucklehead artist like myself is randomly given some weird pseudo-serious spotlight, they use it for good not evil. Surplus Candy is a filmed continuation of the illegal show held earlier this year in the East Village.

Mengudara pertama kali 1 Oktober 2014, Surplus Candy memiliki enam episode dengan kunjungan ke enam kota berbeda di Amerika Serikat dan Kanada. Bagaimana Hanksy menyajikan Surplus Candy? Semuanya bisa dilihat di edisi #VideoFriday kali ini.

Episode 1 :: Montreal

Episode 2 :: Detroit

Episode 3 :: Philadelphia

Episode 4 :: Portland

Episode 5 :: Chicago

Episode 6 :: Austin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *