Membedakan Zipper Dari Jenisnya

Setelah di minggu lalu kita mengetahui tentang asal-mula zipper, kini kita akan bahas lebih lanjut tentang benda satu ini. Ternyata, apabila ditelisik lebih dalam terdapat banyak jenis zipper yang berada di pasaran. Selain itu, dalam suatu zipper terdapat beberapa istilah untuk menandai bagian-bagian tertentu. Zipper apa saja yang umum digunakan? Berikut penjelasannya.

Coil Zipper

coil

Dinamakan coil zipper karena bentuk dari teeth (gigi) zipper berbentuk gulungan panjang yang terbuat dari bahan polyester atau nylon. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis Close End maupun Open End.

Metal Zipper

metal

Sesuai dengan namanya, teeth (gigi) zipper terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang biasa digunakan adalah Brass (kuningan), Aluminium dan Nikel. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis Close End maupun Open End.

Delrin Zipper (Vislon Zipper)

vislon

Umumnya zipper jenis ini disebut Vislon zipper. Bentuk teeth (gigi) zipper mirip seperti Metal Zipper tetapi bahannya terbuat dari Resin Polyacetal atau bisa juga menggunakan Resin jenis lain, yaitu Polyethylene. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis Close End maupun Open End.

Invisible Zipper

invisible

Kebanyakan orang menyebut zipper jenis ini sebagai Zipper Jepang. Tidak tahu pasti mengapa disebut seperti itu. Invisible zipper sangat mirip dengan Coil Zipper tetapi teeth (gigi) tersembunyi dibalik tape zipper. Pada umumnya zipper jenis ini banyak digunakan untuk Rok dan Gaun. Ukuran zipper jenis ini hanya satu, yaitu #3 dan hanya tersedia untuk Close End saja.

Waterproof Zipper

waterprrof

Zipper jenis ini, digunakan untuk  didalam air bertekanan. Biasa digunakan oleh penyelam, atau keperluan lain yang berada dibawah tekanan air.

Fireproof Zipper

Zipper ini digunakan untuk pakaian yang memerlukan ketahanan pada panas/api pada suhu tertentu. Digunakan pada baju-baju pemadam kebakaran, atau produk-produk yang memerlukan tingkat ketahanan tertentu terhadap panas atau api.

 

Struktur Zipper

types_F_Structure

Slider

Slider  berfungsi untuk menyatukan elemen ketika zipper dibuka atau ditutup. Beberapa tipe slider tersedia menurut penggunaannya.

Elements

Serangkaian komponen yang tampak seperti deretan gigi. Ketika Slider  digerakkan maka rangkaian gigi-gigi ini akan menyatu dengan posisi saling mengunci atau interlock. Ketika dua sisi kiri dan kanan digabungkan,  bagian ini membentuk apa yang dinamakan chain.

Tape

Tape dibuat khusus untuk menjadi bagian dari zipper. Sebagian besar terbuat dari polyester, namun ada juga tape yang dibuat dari bahan lain diantaranya synthetic, fiber tape, vinyl tape, dan cotton tape.

 

Tipe Zipper Berdasarkan Fungsinya

Clip_13

*Diolah dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *