Mengenal Anatomi Jeans

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis jeans, jeans berdasarkan potongannya, serta cara merawatnya, perlu diperhatikan juga aplikasi apa saja yang ada di sebuah jeans. Karena dengan detail aplikasi tersebutlah jeans kalian menjadi lebih unik dan menarik. #WedWearing kali ini kami berikan detail apa saja yang umumnya menempel di jeans, berikut dengan istilahnya.

Rivets

SONY DSC

Penggunaan rivets pada celana jeans ditemukan oleh Jacob Davis pada 1871, seorang penjahit yang merupakan imigran asal Latvia. Rivets adalah paku-paku kecil yang menempel di sudut-sudut saku jeans. Awalnya rivets diaplikasikan pada pelana kuda, namun setelah itu ia mencoba memasangkannya pada celana jeans, hal tersebut bekerja dengan baik untuk menegakkan kembali stress point pada celana tersebut. Tempat yang menjadi titik stress point terdapat pada sudut-sudut kantong dan crotch seam, dimana bagian tersebut sering tercabik-cabik apabila digunakan untuk aktivitas yang berat.

Permintaan untuk celana jeans yang memiliki rivets meningkat, hal tersebut dimanfaatkan Perusahaan Levi Strauss untuk menawarkan kerja sama kepada Jacob Davis sekaligus membeli hak cipta dari penemuannya itu. Tak butuh waktu lama, semua produk jeans keluaran Levi Strauss yang menggunakan rivets langsung booming di pasaran. Tetapi, perjalanan rivets tak selamanya mulus, banyak konsumen mengeluhkan rivets yang menggores permukaan furnitur ruang tamu seperti sofa. Hal ini menimbulkan penemuan baru, yaitu hidden rivets.

Namun, penemuan baru inipun tak menyelesaikan masalah, dan akhirnya pada tahun 1960 rivets mulai digantikan dengan bartack.

Bartack

img57286536

Merupakan teknik jahit untuk memperkuat stress point pada jeans, biasanya terdapat di sekitar risleting, sudut-sudut saku, dan diantara selangkangan. Dibutuhkan mesin khusus untuk membuat jahitan ini karena kerapatannya yang tinggi.

Arcuate

SONY DSC

Secara umum arcuate mengacu pada dekorasi jahitan ganda pada saku belakang. Fungsi dari arcuate adalah untuk membedakan satu merk dengan merk lainnya. Bentuknya bisa bermacam-macam, merk Levi’s berbentuk sayap kelelawar, Wrangler berbentuk “W”, dan Lee disebut ‘lazy S’. Levi’s dikreditkan sebagai yang pertama menggunakan arcuate pada desain mereka tahun 1873, namun mereka berspekulasi bahwa mereka bukan penemu aslinya.

Watch Pocket

SONY DSC

Jeans awalnya hanya memiliki empat kantong, satu di kanan belakang dan didepan, ditambah dua saku kecil. Awalnya berfungsi sebagai penyimpan barang-barang berukuran kecil seperti jam tangan, koin, tiket, dll. arena fungsinya itulah saku kecil ini memiliki banyak nama antara lain, watch pocket, coin pocket, ticket pocket, dll. Namun kini selain fungsinya, keberadaan saku ini pun menjadi ‘pemanis’ tambahan bagi jeans kita. Saku kelima di bagian kiri belakang, ditambahkan kemudian pada tahun 1901.

Branding Patch

stretch_jeans_nd14-4-290x290

Branding patch umumnya ditempatkan di bagian pinggang di atas saku kanan belakang jeans, yang biasanya terbuat dari kulit atau kulit sintetis. Fungsi dari patch ini adalah untuk menginformasikan kepada konsumen tentang merek. Selain itu, berfungsi juga untuk mengetahui kekuatan produk serta memudahkan konsumen untuk mengetahui detail produk.

Belt Loops

SONY DSC

Lubang sabuk pada jeans pertama kali ditambahkan ke bagian pinggang jeans pada tahun 1920 oleh Levi’s. Biasanya terdapat lima lubang sabuk pada sebuah jeans, namun sekitar tahun 1940-an Wrangler merancang dua sabuk tambahan untuk kenyamanan ekstra saat menunggang kuda. Lubang sabuk inipun bisa berfungsi untuk menggantungkan jeans.

Chain Stitches

union-special-chain-stitch

Beberapa merek menggunakan jahitan rantai pada beberapa bagian jeans seperti hem. Teknik jahitan ini membutuhkan dua benang yang akan saling mengunci satu sama lain dan membuat pola seperti rantai. Tujuan menggunakan jahitan ini tentu saja untuk meningkatkan kekuatan jeans. Terlebih untuk bagian hem agar tidak menggulung setelah dicuci, dan dengan chain stitching akan menimbukan roping effect.

Nah, Crowds itulah beberapa istilah yang ada dalam dunia jeans. Kini, setelah mengetahui bagian apa saja yang ada pada sebuah jeans kamu pun bisa lebih detail dalam memilih sebuah jeans. Cek koleksi jeans terbaru dari Wadezig! di sini.

Sumber
Sumber
Sumber


4 replies on “Mengenal Anatomi Jeans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *