Mengenal Sablon Raster Serta Cara Merawatnya

Wadezig! telah mengeluarkan tiga t-shirt terbarunya yaitu, G’DAY MISTY, BOTTLER BLACK, dan POLISH BLACK. Ketiga t-shirt tersebut memiliki satu kesamaan yaitu bersablon raster, lalu yang menjadi pertanyaan adalah apakah raster tersebut dan bagaimana cara merawatnya? Dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat tentang sablon raster serta cara merawatnya.

WTM0032051 POLISH BLACK IDR 119.000Raster adalah dot yang kecil biasanya digunakan untuk desain logo atau sablon kaos yang berupa foto. Raster dikenal juga dengan teknik sablon separasi. Teknik sablon raster atau separasi adalah teknik cetak dengan cara penggabungan dari kompenen-kompenen yang ada pada sebuah gambar. Dapat pula didefinisikan teknik cetak dengan penggabungan warna-warna proses (Prosess Color) yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan Black (K) yang sering disebut disebut dengan warna CMYK. Perpaduan  (kombinasi/percampuran) dari keempat warna tersebutlah dapat dihasilkan berbagai macam warna yang menyusun suatu gambar yang utuh (full color).

WTM0032042 G`DAY MISTY IDR 119.000

WTM0032050 BOTTLER BLACK IDR 119.000

Untuk merawat t-shirt bersablon raster ini perlu diperhatikan beberapa hal:

1. Jangan Rendam terlalu lama

Usahakan merendam untuk t-shirt tidak boleh lebih dari 1 jam. Gunakan deterjen secukupnya, karena deterjen dapat menyebabkan sablon pada t-shirt kesayangan kita cepat retak/ rusak.

2. Jangan disikat

Hal ini cukup sederhana dan sangat mudah kita pahami. Ketika saat mencuci t-shirt kita jangan menyikat terlalu keras, karena sudah dipastikan dapat merusak sablon pada t-shirt tersebut. Dan juga hindari kucekan serta perasan yang terlalu kuat karena dapat merusak pori-pori t-shirt.

3. Jemur terbalik

Sinar matahari dapat mengakibatkan warna dan sablon t-shirt anda memudar. Maka dari itu sebelum kita menjemur t-shirt yang telah di cuci sebaiknya di balik terlebih dahulu agar sablon tidak langsung menghadap ke matahari.

4. Hindari mencuci dengan mesin cuci

Sebaiknya cuci t-shirt  secara manual atau menggunakan tangan. Karena mesin cuci dapat menyebabkan sablon pada t-shirt cepat rusak, terkelupas, luntur, dan pori-pori t-shirt menjadi kasar. Ini dikarenakan saat mesin cuci berputar t-shirt akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.

5. Hindari kontak dengan pemutih / pelembut / pewangi pakaian

Pemutih / pelembut / pewangi pakaian mengandung zat kimia yang sangat kuat, dapat menyebabkan sablon pada t-shirt kita menjadi luntur dan terkelupas. Pemutih pakaian bahkan juga sangat berpotensi membuat kaos jadi cepat kasar dan tipis.

6. Setrika setelah kering

Agar awet selalu setrika t-shirt setelah dicuci dan dijemur. Dan pastikan juga t-shirt disetrika pada keadaan kering. Wajib diingat, hindari menyetrika pada bagian sablon karena panas pada setrika dapat merusak sablon.

Gimana Crowds, semoga tips dari kita bermanfaat dan bisa diaplikasikan pada t-shirt Wadezig! kesayangan kalian.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *