Mengetahui Jenis-Jenis Kerah Kemeja

Kemeja merupakan jenis pakaian berkerah yang memiliki kancing pada bagian depan mulai atas hingga bagian bawah. Penggunaan kemeja yang identik dengan busana pria ini juga merangkap sebagai item fashion yang bisa merepresentasikan status sosial seseorang, gaya dan formalitas. Bahkan setiap kemeja mempunyai karakter masing-masing, tergantung jenis kerah yang terdapat pada setiap kemeja. WedWearing kali ini membahas jenis-jenis kerah kemeja.

1. Regular Point Collar

Kerah collar atau kerah basic merupakan jenis kerah yang paling sering ditemui dan dapat dikenakan pada hampir semua acara. Regular point collar merupakan jenis kerah dengan ujung runcing yang semakin menegaskan sisi maskulin pemakainya dan menjadi ciri khas dari gaya pekerja kantoran. Bentuk kerah semacam ini juga dapat dijumpai pada model kemeja resmi. Namun, dalam situasi kasual pun kamu masih bisa menggunakan kemeja dengan tipe kerah ini. Kamu dapat memadukanya dengan celana jeans atau chino sehingga memberikan kesan kasual sekaligus rapi.

1014296_10152346778090928_4248851278582960072_n

2. Button Down Collar

Kerah button down collar pada dasarnya memiliki bentuk yang sama dengan kerah jenis regular point collar, hanya saja terdapat tambahan aplikasi berupa kancing pada kedua ujung kerahnya. Jenis kerah ini banyak dijumpai pada kemeja kasual yang cocok dipadukan dengan dasi untuk tetap mempertahankan kesan formal penggunanya.

1978830_10152282880825928_1409320660_n

3. Spread Collar

Kerah spread colllar merupakan jenis kerah yang biasa digunakan untuk acara formal dan memiliki bentuk lebih lebar jika dibandingkan dengan kerah regular. Jenis kerah ini didesain untuk dipadukan dengan jas atau blazer, serta dasi dengan simpul besar.

Spread collar

4. Pinned Collar

Kerah pinned collar merupakan jenis kancing yang memiliki lubang kecil pada masing-masing sisinya sebagai tempat untuk menyisipkan pin yang berguna untuk merapatkan kerah ketika memakai dasi. Pemakaian kemeja ini akan lebih baik dipadukan dengan dasi karena akan terlihat aneh jika kedua lubangnya tidak di sisipkan pin dan tanpa dasi.

pin-collar-shirt

5. Wing Collar

Wing collar merupakan jenis kerah yang ujungnya berbentuk runcing menyerupai sayap burung yang dikepakkan ketika akan terbang dan biasa dikenakan pada acara pesta formal. Wing collar merupakan pasangan setia tuxedo dan dasi kupu-kupu.

wing collar pleated dress shirt

6. Rounded Collar

Sesuai namanya, rounded collar merupakan jenis kerah berbentuk bulat yang dapat dikenakan dengan atau tanpa dasi. Bentuk kerah ini sangat cocok dikenakan oleh orang yang memiliki bentuk wajah tirus, karena kelembutan pada ujungnya yang bulat mampu membuat wajah anda tampak lebih berisi.

rounded

7. Tab Collar

Tab collar merupakan model kerah dengan bentuk meruncing dibagian ujungnya hampir menyerupai regular point collar namun memiliki penahan pada titik tengahnya yang berguna untuk merapatkan kerah ketika memakai dasi. Ukuran kerahnya yang tinggi mampu menutupi bentuk leher yang jenjang, sehingga sangat cocok dikenakan oleh orang yang berleher panjang. Kemeja dengan jenis Tab Collar tersebut digunakan oleh Daniel Craig yang berperan sebagai James Bond di film Skyfall.

Tab-Collar

8. Mandarin Collar

Mandarin collar merupakan jenis kerah yang paling berbeda dibandingkan dengan kerah model lainnya. Jenis kerah ini memiliki ciri khas berbentuk bulat dan tidak dapat diturunkan. Pemakaian kemeja dengan model kerah mandarin ini dapat dipadukan dengan blazer atau jas.

mandarin-shirt-lg

Selain mempertimbangkan bentuk dan kegunaannya hal terpenting yang harus diperhatikan dalam pemilihan kerah kemeja adalah kesesuaian dengan bentuk tubuh dan wajah serta rasa nyaman bagi pemakainya. Kerah kemeja jenis apa sih yang sering kamu pakai, Crowds?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *