Mengorganisir Komunitas Lewat Kompilasi “Organize!”

Label rekaman asal Bandung, Grimloc Records, baru saja merilis CD kompilasi bertajuk “Organize”. Kompilasi ini diisi 21 band dari lintas genre dan komunitas yang ada di Bandung. Memiliki durasi satu jam penuh, lagu-lagu dalam kompilasi ini merupakan materi baru yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Dilansir dari situs resmi mereka, ide dan semangat kompilasi ini berawal dari komunikasi intens dengan ragam komunitas yang konsisten membangun inisiatif dan otonomi aktivitas warga kota. Juga pentingnya mewartakan eksistensi dan isu yang melatarbelakangi aktivitas mereka hingga hari ini. Lebih lanjut, Bandung yang lekat dengan tradisi kompilasi, yang biasanya mewakili semangat di eranya, menjadi inspirasi untuk menyampaikan pesan serupa.

Dari punk hingga metal, grunge hingga hip-hop, mayoritas band-band yang terlibat adalah nama-nama yang wajib diapresiasi karyanya lebih intim. Sebut saja Pissed Off, Eyes of War, Come True , Wreck, Eviction, Fuzz Oh, dll. Ditambah dengan band seperti Godless Symptoms, Alice, Keparat, Kontra Sosial, Tcukimay, Eyefeelsix, dan Bars of Death, kompilasi ini membawa kebisingan sekaligus menyadarkan betapa kaya sekaligus beragamnya band dan komunitas di kota ini.

Pemberdayaan dan pengorganisasian komunitas di akar rumput jadi isu utama yang diangkat kepermukaan. Oleh karena itu, kompilasi Organize dibubuhi booklet yang berisi tulisan seputar sosial, komunitas, dan kota. Hal ini diwujudkan pula dengan aksi nyata, mendedikasikan seluruh keuntungan dari penjualan CD untuk usaha-usaha pergerakan komunitas.

Tujuh lagu bisa didengarkan sebagai preview, sila menuju website Grimloc Records untuk info lebih lanjut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *