Mixtape dan MondayMix

Masih inget dengan istilah mixtape atau mix-tape? Mixtape adalah kompilasi lagu-lagu yang direkam ke berbagai format audio. Mixtape biasanya mencerminkan selera musik penyusunnya, bisa jadi daftar lagu-lagu favorit atau campuran lagu yang berhubungan dengan tema tertentu.

Audio_cassette_tapes

Waktu itu ada compact audio cassette atau yang kita kenal dengan kaset yang diproduksi oleh Philips. Mixtape homemade mulai menjadi hal umum di masyarakat pada tahun 1980-an meskipun pada waktu itu kualitas suara kaset masih kurang bagus. Mixtape semakin berkembang dengan perbaikan kualitas suara kaset dan munculnya Sony Walkman pada tahun 1979. Sepertinya hampir semua anak muda di tahun 90-an punya Walkman. Orang-orang pada waktu itu juga sering membuat mixtape dengan tape recorder lalu mendengarkannya lewat Walkman mereka.

SONY DSC

Kehadiran CD burner dan MP3 player membuat kaset kehilangan popularitasnya dan perlahan-lahan menghilang. Sejak saat itu mixtape mulai digantikan dengan mix CD dan MP3 playlist yang lebih tahan lama, bisa memuat lebih banyak lagu, dan kita bisa membuat mixtape dengan lebih cepat dibandingkan dengan kaset. Tapi, selain kemudahan yang kita dapatkan dengan kemajuan teknologi, ada masalah lain yang timbul, yakni mengenai pembajakan lagu dan legalitas musik mixtape.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sekarang di era yang serba digital, kita bisa membuat mixtape dengan jauh lebih mudah lagi di internet, salah satunya di situs 8tracks.com. 8tracks didirikan pada tahun 2006 oleh David Porter dan dilaunching pada tanggal cantik 08-08-08 oleh sebuah tim kecil yang bekerja malam hari dan akhir pekan di New York, California dan Perancis. Di 8tracks, kita bisa melakukan dua hal: mendengarkan mix atau membuat mix. Pendengar dapat mencari mix menurut artis atau genre, mendengarkannya secara streaming dengan legal seperti halnya radio, dan kita juga bisa mem-follow orang lain yang membuat mix menarik. Kita bisa mengunggah lagu dalam format MP3 atau AAC untuk membuat sebuah playlist, menambahkan tulisan, dan mempublikasikan mix kita di 8tracks.com ataupun di situs pribadi.

8tracks

Sebelum era internet radio berkembang, WADEZIG! sudah rutin membuat mixtape secara konvensional, untuk dibagi-bagikan secara gratis setiap hari Senin di website wadezig.com. Namanya MondayMix. Tujuan awalnya simpel, sebagai kickstarter, mood booster, penyemangat, atau apapunlah namanya yang bisa membuat kita bangkit dari tempat tidur dan memulai Senin dengan penuh gairah. Dan diharapkan, Senin yang ekstra bersemangat ini bisa menular ke hari-hari berikutnya, sampai akhir pekan.

Memanfaatkan teknologi sekaligus dalam rangka menjunjung legalitas musik, sejak munculnya layanan 8tracks.com WADEZIG! mulai menggunakan layanan ini untuk program MondayMix. Dengan konsep yang masih sama, lagu-lagu pilihan disusun lalu di-upload di akun 8tracks.com/WDZG, untuk kemudian bisa didengarkan secara online oleh siapapun. Lebih mudah, dan bisa didengarkan oleh lebih banyak audiens tanpa harus download terlebih dahulu. Dan yang paling penting, perdebatan mengenai masalah legalitas free download mixtape ini akhirnya bisa terselesaikan.

mmix14

Selain menyusun sendiri lagu-lagunya, WADEZIG! juga meminta teman-teman dari berbagai kalangan untuk membuat mixtape sesuai seleranya. Orang-orang ini tentu saja adalah orang-orang dengan latar belakang yang menarik, inspiring, dan para superstar di bidangnya masing-masing. Karena diharapkan, keunikan masing-masing mereka ini akan memunculkan MondayMix yang unik juga, dan yang pasti, menginspirasi. Tercatat, Nook Magazine dari Singapura, Wasted Rockers, majalah musik online lokal, dan beberapa artis dalam dan luar negeri pernah menyumbangkan mixtapenya untuk MondayMix. Visual Inconsideration, sebuah creative agency asal Singapura yang beberapa waktu yang lalu merilis proyek kolaborasi dengan WADEZIG! juga pernah menyusun lagu-lagu favorit yang sering mereka dengarkan saat melakukan proses kreatif, untuk dijadikan MondayMix. Kita suka penasaran kan, lagu-lagu apa sih yang suka didengarkan oleh seorang Robin Puppen? Atau apa sih soundtrack dibalik artworks kerennya @Koma_Indo? Atau, di kantor majalah lifestyle dari Singapura, lagu-lagu yang sering diputar itu lagu apa aja? Nah, MondayMix ini adalah jawabannya. Seru ya? And good news for everyone, it’s FREE.

Pernah bikin mixtape ga, Crowds? Punya akun 8tracks? Share dong di bagian comment di bawah ini, atau mention @WDZG di twitter ya?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *