Mural Menyambut Asian Games 2018

Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 disambut meriah oleh segenap masyarakat, tak terkecuali para seniman, khususnya pegiat mural dan graffiti. Mereka menghias wajah kotanya masing-masing menjadi berwarna-warni dengan gambar bertema ajang olah raga empat tahunan antar negara Asia ini.

Kami menelurusi Instagram dan menemukan banyak karya mural yang dibuat di berbagai kota Indonesia. Seperti apa karyanya? Mari kita lihat bersama.

1. Mural bertema Asian Games pertama kami temukan di akun @_thepopop. Gambar yang berlokasi di depan Citos Mall, jakarta Selatan, tersebut dibuat oleh teman-teman mural dan graffiti asal Depok, Pamulang, Cileduk, dan Ciputat. Dalam gambar tampak tulisan “Asian Games” yang setiap hurufnya diisi throw-up disandingkan dengan karakter maskot.

A post shared by capitalism chef (@_thepopop) on

2. Mural kedua yang kami temukan adalah buatan @sekawan.mural, Solo, yang dibuat di salah satu pilar tol layang Rawamangun, Pulomas, Sunter, Jakarta Selatan. Mural ini merupakan bagian kompetisi “CMNP Mural Competition 2018” bertema Asian Games. Gambar ini kental budaya lokal mengusung wayang orang ala Jawa Tengah bersanding dengan maskot Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

3. Jika biasanya mural dibuat di tempat outdoor, mural buatan akun @muralist.life ini berada indoor, yang jika dilihat tag lokasinya bertempat di tembok gedung SMKN 1 Budi Utomo, Jakarta Pusat. Salah satu gambar memperlihatkan para maskot dengan lanskap ikon kota Jakarta-Palembang yaitu Monas dan jembatan Ampera. Disamping itu, akun inipun banyak membuat mural bertema Asian Games di tempat lainnya.

A post shared by Bayu Rahardian (@muralist.life) on

4. Mural terakhir bergaya tiga dimensi yang dibuatdi daerah Pucang Sawit, Surakarta. Tampak seniman lokal membuat atlet renang dengan air yang meluber hingga trotoar dan sepertiga jalan. Mural ini dimanfaatkan masyarakat sebagai objek foto.

A post shared by Metrotv Indonesia (@metrotv) on

Jika kamu ingin melihat mural-mural bertema Asian Games lainnya di Instagram sila ketik hashtag #muralasiangames2018. Adakah mural atau graffiti serupa di kotamu, Crowds? Boleh beri kami komentar di bawah.

Foto banner: antarafoto.com

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *