Perbedaan WADEZIG! dengan Brand Lainnya

825368007

Beberapa hari yang lalu, ada seseorang di Facebook yang berkomentar, “Apa yang membuat produk WADEZIG! istimewa sampai harganya menyaingi baju bermerk seperti N*vada atau produk lainnya?

That’s one good question, actually. Untuk menjawab pertanyaan itu penting juga rasanya kalau kita membahas kembali mengenai sejarah terbentuknya WADEZIG!.

Pada tahun 2003, ide terbentuknya WADEZIG! lahir dari kegelisahan tiga pemuda yang memiliki gairah dan kecintaan yang sama dan sangat besar terhadap seni, yang membuat mereka selalu haus akan sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda, namun tidak pernah menemukan apa yang mereka cari. Kebutuhan akan wadah berekspresi dan menyuarakan ide juga menjadi salah satu faktor penting yang mendorong lahirnya WADEZIG!.

Lahir, tumbuh dan mengakar ditengah-tengah komunitas seni rupa dan desain, WADEZIG! memiliki kedekatan yang sangat personal terhadap seni rupa dan desain tersebut. Hal ini merupakan salah satu faktor penting pada pembentukan karakter dan attitude WADEZIG! yang kritis, terkadang nakal dan senang bermain-main, tapi selalu cerdas. Hal ini juga yang membuat WADEZIG! selalu terbiasa melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang subjektif dan personal, sehingga semua pemikiran dan ide-ide yang ditawarkan selalu terlihat berbeda. Kelak, hal ini menjadi salah satu kekuatan WADEZIG!. Selain itu, tumbuh di dalam komunitas yang merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam ide, membuat WADEZIG! terbiasa bereksperimen dengan membaurkan berbagai macam ide sekaligus untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

Hampir 11 tahun kemudian, ketika ide sederhana itu sudah berubah menjadi tren lalu kemudian membesar dan menjadi industri, WADEZIG! memilih untuk tetap konsisten mengakar pada komunitas. Karena pada dasarnya WADEZIG! lahir dan besar di komunitas, jadi sampai kapanpun akan selalu kembali ke komunitas. Sama halnya dengan produk-produknya yang merupakan hasil leburan ide-ide sederhana di dalam komunitas, akan kembali lagi ke komunitas dipakai oleh orang-orang di dalam komunitas tersebut, dan siapapun dengan visi yang sama. Dengan kata lain, produk WADEZIG! merupakan ‘statement’ bersama dari orang-orang bervisi sama. Memakai produk WADEZIG! berarti menyatakan suatu ide tertentu dan mengajak orang-orang untuk menyetujuinya. Lebih dari sekedar kebutuhan menutupi tubuh, atau mengoreksi ketidaksempurnaan fisik. Bahkan lebih dari sekedar keinginan untuk tampil beda atau unik.

Konsistensi dalam berkarya dan memegang teguh prinsip yang diusung, ditambah dengan semangat untuk selalu saling mendukung dan membesar bersama komunitas inilah yang membuat WADEZIG! memiliki nilai yang bahkan tidak bisa disetarakan dengan uang.

Dari segi kualitas, sudah jadi rahasia umum bahwa banyak sekali brand-brand besar dari luar negeri yang memproduksi barang-barangnya di Asia, bahkan Indonesia. Alasannya, karena selain biaya bahan baku dan human resources yang jauh lebih rendah, juga karena kualitasnya jauh lebih baik. Jadi agak aneh sebenarnya kalau mau membandingkan produk pakaian dalam negeri denga luar negeri. Karena US brands, UK brands, Australia brands, Quiksilver, Volcom, Converse, Nike, Adidas, you name it, itu hampir semuanya made in Indonesia! Ahahah. Jadi secara kualitas, tidak, kita tidak kalah. Sama sekali. Justru sebaliknya, seharusnya produk kita kualitasnya bisa lebih bagus, karena ini resources kita, kita yang lebih tahu seluk-beluknya. Lalu kalau dibandingkan dengan brand lokal yang sudah well established pun begitu, kita menggunakan bahan baku dari pabrik yang sama, dan dengan formula yang tidak jauh berbeda. Human resource-nya pun sama. Hanya saja brand besar itu lebih well-organized, dan bergerak dalam kuantitas yang jauh lebih besar. Ini bisa jadi satu artikel sendiri kalau mau dibahas, tapi satu hal yang pasti, secara kualitas kita tidak kalah. Jadi, wajar jika harganya pun sama saja.

Anyway, apapun yang kita tulis mengenai kita, tetap saja yang lebih tahu tentang produk WADEZIG! adalah para penikmat dan pengapresiasi produk-produk WADEZIG!, terutama para Crowds yang selalu memakai produk kita dalam kesehariannya. Menurut kalian sendiri, apa sih keistimewaan WADEZIG! dibanding brand lainnya? Kasih tau pendapat kalian di komen di bawah ini atau mention @WDZG di twitter!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *