Cerita Tentang Long Sleeve T-Shirt

Long sleeve t-shirt atau kaos lengan panjang adalah jenis pakaian yang menutupi seluruh lengan, seluruh dada, bahu, dan perut, biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaus ini adalah katun atau poliester(atau gabungan keduanya).

Dahulu kaos lengan panjang digunakan sebagai pakaian dalam yang dikenal dengan istilah ‘long jhons’. ‘Long jhons’ berupa dua potong pakaian ketat di bagian atas dan bawah yang menutupi seluruh tubuh. Pakaian ini sering digunakan sekitar abad 18 di Inggris dan biasanya digunakan ketika cuaca dingin.

Pemakaian t-shirt sebagai pakaian dalam berlangsung hingga abad 19 sebelum akhirnya para pekerja tambang dan buruh pelabuhan mengadopsi pakaian ini sebagai pakaian kerja mereka sehari-hari. Karena mereka bekerja di lingkungan yang panas serta mengeluarkan banyak keringat, pemakaian t-shirt dirasa nyaman.  Baru setelah Perang Amerika Spanyol, T-Shirt jadi terkenal di Amerika berkat Angkatan Laut Amerika Serikat yang memakainya di balik seragam tentara mereka.

Keberadaan t-shirt semakin populer setelah hadir di film ‘A Streetcar Named Desire’ (1951) yang dibintangi oleh Marlon Brando dan film ‘Rebel Without A Cause’ (1959) yang dibintangi James Dean. Kedua film inilah yang menjadikan t-shirt sebagai primadona kehadapan publik secara terang-terangan ,dan momen ini juga yang memberikan gambaran baru tentang penggunaan t-shirt sebagai pakaian luar.

Seiring perkembangan zaman kaos lengan panjang mengalami booming di era 90 an dengan style ‘supermarket of style’ dan ‘harajuku’. Istilah ini dibuat untuk mendeskripsikan identitas orang yang tidak loyal pada satu jenis fashion saja. penganutnya memakai semua gaya fashion dengan cara mix ‘n match. Mereka membuat style sendiri yang unik, yang jadi pilihan adalah baju yang berlapis-lapis atau bertumpuk-tumpuk. misalnya t-shirt lengan panjang ditumpuk dengan t-shirt lengan pendek atau yang disebut dengan ‘layering’ ditambah bandana dengan topi.

Kini mengenakan t-shirt lengan panjang tidak harus dengan ‘layering’ saja karena model serta desain yang menarik. Menggunakan kaos lengan panjang dapat membuat kalian terlihat stylish dan macho. Kaos lengan panjang pun sering digunakan bikers yang dipadankan dengan jaket agar mereka tidak kedinginan ketika berkendara.

Wadezig! pun memiliki koleksi kaos lengan panjang yang bisa kalian lihat di sini.

*Diolah dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *