Rocktober: Tales of Asgard

Setiap tahun Wadezig! mendedikasikan satu bulan khusus untuk merayakan kecintaan terhadap genre rock. Mulai diangkat sejak tahun 2012 isu ini kami beri nama Rocktober, penggabungan dari kata ‘Rock’ dan ‘Oktober’.  Untuk Oktober 2015 kami dedikasikan bagi Folk Metal.

Folk Metal merupakan genre fusi dari metal dengan gabungan musik folk (tradisional) yang pertama kali berkembang di Eropa tahun 90’an. Ciri khas dari Folk metal yaitu penggunaan instrumen atau alat musik tradisional, dan tema lirik berfokus pada cerita rakyat/dongeng, fantasi, mitologi, alam, epik, hingga Viking. Folk Metal terbagi menjadi beberapa sub-genre lain berdasarkan dari segi tema lirik, dan salah satunya yaitu viking metal. Viking metal merupakan gaya bermusik heavy metal dengan unsur black metal dan musik folk Nordik. Tentunya, tema dan lirik berfokus pada mitologi Nordik, paganisme Norse, dan zaman Viking. Ciri-cirinya musik melodik dengan nuansa heroik yang bersemangat, dan terkadang simfonik. Untuk alat musik yang digunakan, selain band set lengkap biasanya terdapat instrumen tambahan seperti biola, flute, dll.

Mitologi Nordik memang sangat menarik untuk dibahas, khususnya kisah suci dan kepercayaan mengenai bagaimana alam raya ini terbentuk dan para dewa yang dipuja. Orang-orang Viking sangat percaya bahwa dewa mereka sangat hebat dan sangat suka berperang. Maka tak salah band-band viking metal mengangkat mitologi ini kedalam lirik-lirik lagu mereka, seperti Týr dalam album Ragnarok.

Dalam mitologi Nordik, dikenal adanya sembilan dunia yang dihubungkan oleh pohon Yggdrasil. Pohon ini merupakan pusat dunia yang pada cabang dan akarnya terdapat dunia-dunia yang berbeda. Salah satunya adalah Ásgard, dunia para Æsir atau dewa paling berkuasa yang dipimpin oleh Odin. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil paling atas yang dilalui oleh Mata Air Urd. Tembok besar yang mengelilingi Asgard dibuat oleh para Raksasa. Dataran Idavoll merupakan pusat dari Ásgard, para Æsir biasa berkumpul di sana untuk membicarakan hal yang penting. Bagian dalam Asgard terdapat aula yang merupakan tempat bagi Odin disebut Valhalla. Mereka percaya memelihara kehidupan dan alam semesta adalah bentuk keseimbangan. Karena itulah Tales of Asgard menjadi frase yang kami angkat kepermukaan. Karena, selain keagungan Asgard sebagai tempat bernaung para dewa, dari tempat inilah kebijaksanaan Odin berasal yang disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

rocktober-16

rocktober-7

rocktober-10-2

rocktober-12-2

rocktober-13

rocktober-14-2

rocktober-25

rocktober-9-2

rocktober-11-2

rocktober-8-2

rocktober-9

rocktober-12

rocktober-15

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *