Sekilas Tentang Windbreaker

Windbreaker adalah jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Istilah itu populer di Amerika Utara dan Jepang. Windbreaker sebenarnya adalah merek dagang milik perusahaan John Rismann dari Chicago untuk nama produk jaket mereka, namun kemudian istilah ini menjadi populer dan identik dengan jenis jaket ini. Sementara di Inggris ia dikenal dengan “windcheater”. Beberapa orang membuat kesalahan dengan menyamakannya dengan jas hujan. Tetapi kenyataannya, ia memang semacam jas hujan kelas ringan. Selain dipakai saat musim hujan, jaket ini juga cocok untuk digunakan saat berolahraga pagi di luar rumah dan saat keluar di malam hari.

237px-Windbreaker-ad-1940

WJM0032005 CARTTEN BLUE IDR 279.000

Bahan yang umum digunakan untuk windbreaker adalah fiber sintesis, poliester atau nilon. Dalam desain, ia biasa menggunakan karet elastis pada bagian pergelangan tangan, resleting dan tambahan hood. Beberapa produsen mengeluarkan windbreaker dengan fitur ekstra, seperti kantong di beberapa bagian – lengan atau bagian dalam. Tetapi satu yang perlu diingat: windbreaker yang baik adalah yang ringan dan ringkas.

Berikut adalah beberapa saran bagi kamu yang hendak membeli windbreaker:

  • Perhatikan fitur-fitur ekstra dalam sebuah windbreaker. Biasanya, semakin banyak ‘perintilan’, maka windbreaker semakin berat.
  • Pastikan lengan windbreaker cukup panjang untuk – jika terdesak – menutupi pergelangan tangan anda. Beberapa produsen membuat variasi windbreaker yang memiliki thumb hole, berfungsi untuk menghangatkan bagian telapak tangan dan melindungi dari berbagai elemen yang dapat melukai.

IMG_9580

  • Jika windbreaker menawarkan hood, pastikan ia bisa disesuaikan dengan kepala anda. Coba dahulu, dan rasakan apakah hood tersebut nyaman dipakai atau malah menyusahkan. Jika kehilangan manfaatnya, hood hanya akan menambah beban.

IMG_9579

  • Windbreaker mesti relatif pas di badan. Ini sangat penting, karena kemungkinan kamu dihadapi dengan kemungkinan memakai pakaian berlapis. Jangan terlalu sempit hingga membuat Anda tidak nyaman, jangan juga terlalu longgar hingga menyulitkan Anda saat bermanuver atau mengenakan lapisan tambahan.

IMG_9577

  • Perhatikan bagian resleting karena ini tempat favorit bagi angin untuk menyusup. Pastikan bagian dalam resleting memiliki lapisan penutup.
  • Windbreaker yang bagus seharusnya tidak memiliki sekat-sekat. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam menyesuaikan diri terhadap cuaca yang berubah-ubah.

Wadezig! pun memiliki koleksi windbreaker yang bisa kamu lihat di sini.

Sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *