Seri Mitologi Nordik; Alam Semesta dan 9 Dunia

Mitologi Nordik (Norse Mythology) merupakan kepercayaan masyarakat Eropa utara sebelum kedatangan agama Kristen. Kepercayaan dan legenda ini menyebar ke negara-negara Eropa utara lain, termasuk Islandia yang memiliki sumber-sumber mitologi tersebut. Mitologi tersebut merupakan kumpulan dari kepercayaan kuno orang-orang Eropa utara yang berisi kisah-kisah tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos lainnya yang ditulis berbentuk puisi atau prosa dan terangkum dalam Eddas. Mitologi tersebut ditulis sebelum dan setelah kedatangan agama Kristen di Eropa utara. Dalam cerita rakyat Skandinavia, mitologi tersebut masih bertahan dan di daerah pedesaan tradisi-tradisi kuno tersebut masih tampak sampai sekarang. Mitologi tersebut juga memberi pengaruh dan inspirasi dalam kesusastraan pada zaman sekarang.

Bangsa Skandinavia sesungguhnya merupakan kumpulan bangsa-bangsa yang mendiami daerah Eropa bagian utara. Mereka terdiri dari Bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia. Bangsa Skandinavia sering disebut juga Norseman, atau Northman yang berarti orang utara. Orang Skandinavia yang paling dikenal, kemungkinan adalah orang-orang Viking, para petualang dan bajak laut dari Norwegia.

Penjelajahan kelompok Viking ini ke berbagai daerah Eropa Utara dan sekitarnya, ada kemungkinan sebagai penyebab berkembangnya mitos dan cerita legenda mereka. Seperti bangsa-bangsa besar lainnya seperti Yunani, Bangsa Skandinavia juga memiliki kepercayaan sendiri tentang dewa-dewa yang melindungi mereka dan bagaimana dunia ini diciptakan oleh mereka. Akan tetapi jarang sekali mitos mereka ini dikenal luas oleh bangsa-bangsa lain, berbeda dengan mitos Bangsa Yunani yang lebih populer. Padahal jika kita mencermati kisah mitologi mereka ada beberapa fakta yang sangat mirip antara kisah dewa-dewa di dunia ini, baik itu Yunani atau Skandinavia.

Di dalam catatan sejarahnya orang-orang jaman dahulu banyak yang menganut Paganisme, yaitu aliran kepercayaan yang memuja dewa-dewa. Para dewa ini dianggap sebagai pencipta alam semesta dan manusia. Demikian juga yang terjadi dengan bangsa-bangsa di Eropa Utara ini. Tetapi karena campur tangan para sejarawan Kristen di abad pertengahan mengakibatkan banyaknya perubahan terhadap kebudayaan dan cara pemujaan mereka. Pada jaman dahulu kepercayan Pagan umumnya melibatkan persembahan berupa makhluk hidup bahkan manusia sebagai persembahannya. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan kebudayaan agama modern. Sebagai akibatnya banyak juga mitologi dan legenda mereka yang hilang dan tidak tercatat. Atau beberapa tidak dapat dipastikan lagi keasliannya karena tidak adanya dukungan fakta. Karena mitologi ini banyak bermunculan di berbagai belahan Eropa Utara, maka lazimnya ada berbagai macam versi. Ini biasanya terjadi karena mitos tersebut disesuaikan dengan daerah yang bersangkutan. Begitu juga dengan nama-nama para dewa dan peranan mereka, serta kejadian-kejadian penting, seperti Odin dikenal juga dengan nama Wotan di Jerman, atau Woden di Inggris.

yggdrasil

Dalam mitologi Nordik, dikenal adanya sembilan dunia, yang mana sembilan dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil. Dalam mitologi Nordik, pohon Yggdrasil merupakan pusat dunia. Pada cabang-cabang dan akar-akarnya terdapat dunia-dunia yang berbeda, yaitu:

1. Asgard

Asgard_by_a_modern_artist

Tempat ini berada di level pertama. Asgard adalah dunia para Aesir, salah satu ras dewa paling berkuasa, perusak dan petarung. Tetapi bukan berarti mereka ras dewa yang jahat, karena dalam memelihara kehidupan dan alam semesta memang harus ada peperangan dan perusakan untuk keseimbangan. Salah satu yang terkenal dari Asgard ini adalah adanya aula yang sangat besar disebut Valhalla, tempat Odin dan dewa-dewa lain berkumpul dan menjamu para Einherjar, yaitu orang-orang yang mati dalam peperangan yang dibawa oleh Valkrye (hantu yang memutuskan siapa yang mati dalam perang).

2. Vanaheimr

Thomas-Cole-Course-of-Empire

Salah satu versi menyebutkan Vanaheimr berada di level yang sama dengan Asgard, mereka bersisian. Tetapi versi lain mengatakan dunia para Vanir ini ada di bawah Asgard. Vanir adalah ras dewa pelindung, kesuburan dan pemelihara alam. Konon antara Vanir dan Asgard selalu bertarung sampai akhirnya mereka berdamai dan ada beberapa ras Vanir yang diangkat menjadi dewa Asgard dan sebaliknya. Setelah berdamai, mereka bersatu melawan Jotun, ras raksasa.

3. Alfheim

461b0-alfheim

Berikutnya adalah dunia para Elf. Mereka adalah ras yang sangat misterius dan memiliki kekuatan sihir. Mereka tidak pernah jelas memihak kepada siapa, terkadang netral, terkadang membantu para dewa, membantu manusia, tapi terkadang juga bisa jadi sangat jahat dan mengancam.

4. Midgard

midgard

Atau Middle Earth. Ini adalah dunia manusia. Antara Midgard dan Asgard disambungkan dengan jembatan Bisfort. Midgard dikelilingi oleh samudera luas yang didalamnya bersemayam Jormungandr, yaitu monster ular raksasa yang merupakan anak dari Loki dan raksasa Angrboa.

5. Jotunheimr

joutenheim

Merupakan tempat tinggal ras Jotun atau raksasa. Mereka merupakan ancaman untuk para dewa dan manusia.

6. Niddhavellir/Infierno

Niddhavellir

Tempat tinggal para Dwarfs atau kurcaci. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam.

7. Svartálfheim

Location-svartalfheim

Dunia para Svartálfar  (Swart Elfs/Elves) atau Dökkálfar (Dark Elfs/Elves) yaitu kaum Elf dari kegelapan.

8. Muspell/Muspellheim

1_muspellsheim

Dunia api dan tempat tinggal para raksasa api yang merupakan musuh abadi para Aesir. Salah satunya Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api. Nantinya api dari muspel ini yang membakar habis jembatan Bisfort dan memulai perang Ragnarok.

9. Niflheim

Niflheim

Apabila Muspel dunia api, maka Nifhel sebaliknya. Ini adalah dunia es dan merupakan daerah paling dingin. Rumah para raksasa es/Frost Giant yang dikuasai oleh Hel saudara perempuan Loki. Nifhel ini merupakan dunia pertama dalam sembilan dunia yang merupakan cikal bakal pembentukan alam semesta. Tempat orang-orang yang sudah mati berada.

Sembilan dunia dalam mitologi Nordik diciptakan Odin dan saudara-saudaranya setelah membunuh Ymir, raksasa yang merupakan makhluk hidup pertama yang tercipta di semesta. Potongan tubuh Ymir inilah yang menjadi fondasi dunia yang mereka ciptakan.

Sumber 1
Sumber 2


7 replies on “Seri Mitologi Nordik; Alam Semesta dan 9 Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *