Simbol-Simbol Pagan

Jauh sebelum manusia mengenal agama, terdapat suatu kepercayaan/praktik spiritual penyembahan terhadap simbol-simbol tertentu yang pengikutnya disebut Pagan. Pagan pada zaman kuno percaya bahwa terdapat lebih dari satu dewa dan dewi di muka bumi. Dewa dan dewi tersebut biasanya di representasikan oleh patung atau simbol yang memegang peranan penting pada praktiknya. Orang tidak hanya menggunakannya sebagai perhiasan penolak bala, jauh dari itu berhubungan dengan kehidupan pribadi pengikutnya. Parktik ini tersebar di berbagai belahan bumi sebagai contoh Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan lain-lain. Lalu, simbol apa saja yang terdapat pada Paganisme, berikut daftarnya.

1. Air Symbol

Air symbol

Udara merupakan salah satu dari empat elemen penting dari tradisi pagan. Merupakan elemen dari timur, udara merepresentasikan jiwa dan nafas kehidupan, dikaitkan dengan warna kuning dan putih. Tiga elemen lainnya yaitu api, tanah, dan air.

2. Pentagram

Pentagram

Pentagram atau pentacle adalah bintang lima sudut yang dihubungkan dengan lingkaran. Pentagram merupakan salah satu simbol pagan yang paling dikenal dan sering digunakan sebagai perhiasan. Simbol ini dianggap sebagai simbol perlindungan, kadang juga diartikan sebagai simbol penyihir,

3. Triquetra

Triquetra

Dalam beberapa tradisi modern, simbol ini merupakan sambungan dari pikiran, tubuh, dan jiwa. Sedangkan kelompok pagan Celtic mengartikannya sebagai simbol dari tiga alam semesta yatu bumi, laut, dan langit. Simbol ini diadopsi oleh band Led Zeppelin sebagai logo band mereka.

4. The Chalice/Cup

The Chalice

The Chalice, cup atau cawat merupakan alat yang sering digunakan dalam ritual pagan. Alat ini dianggap sebagai lambang feminitas yang merepresentasikan alam bawah sadar, kemampuan psikis, intuisi, dan emosi. Hal ini juga terkait dengan kesuburan dan merupakan perwakilan dari rahim atau organ generatif perempuan. Sebagai simbol energi perempuan di alam semesta.

5. Triceps

Triceps

Triceps atau Valknut mewakili perlindungan dan keilahian. Pada abad pertengahan simbol triceps digunakan sebagai tanda ajaib untuk perlindungan. Simbol yang digambarkan sebagai knot Odin ini pertama kali berkembang di Nordik. Saat ini simbol triceps digunakan oleh salah satu perusahaan raksasa otomotif dunia.

6. Mano Cornuto/Horned Hand

Mano Cornuto

The mano cornuto adalah jimat Italia asal kuno. Mano berarti “tangan” dan Corno berarti “tanduk. Menggambarkan gerakan tangan dengan ujung jari dan jari tengah menunjuk ke atas seperti sebuah tanduk. Merepresentasikan kepala bertanduk dari suatu binatang.

7. Horned God

Horned God

Merupakan simbol bagi salah satu dewa dalam kepercayaan mereka. Ia sering diberi berbagai nama dan julukan, mewakili bagian laki-laki dari sistem teologis duotheistic kepercayaan pagan.

8. Swastika

Swastika

Diyakini sebagai salah satu simbol tertua di dunia, telah ada sekitar 4000 tahun lalu dan muncul dalam berbagai kepercayaan. Berbagai variasi Swastika dapat ditemukan pada tinggalan-tinggalan arkeologis ( koin, keramik, senjata, perhiasan atau pun altar keagamaan) yang tersebar pada wilayah geografis yang amat luas. Swastika pernah (dan masih) mewakili hal-hal yang bersifat luhur dan sakral. Bila searah dengan arah jarum jam berarti mengandung hal – hal yang bersifat atau mengandung kebaikan. sedangkan bila berlawanan dengan arah jarum jam maka merupakan suatu bentuk kejelekan dan banyak digunakan oleh para penyihir – penyihir di zaman dahulu.

Apakah kamu pernah menemukan simbol-simbol ini di kehidupanmu? Beri kami komentar di bawah ini.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *