Street Artist Banksy Membagikan Poster Yang Bisa Diunduh Secara Gratis

Street artist anonim asal Inggris, Banksy, kembali membuat kehebohan lewat karyanya. Kali ini, ia membagikan poster dalam format jpeg berukuran 2480 x 3507 yang bisa diunduh melalui website miliknya secara gratis.

Poster tersebut membawa pesan satir dan politis bertema konflik Palestina-Israel. Jika dilihat lebih detail, poster dibuat seperti kartu pos klasik dengan latar hitam putih bergambar menara jaga ala militer. Menara digambarkan seolah-olah sebagai tiang penyangga wahana ayunan putar yang sedang dinaiki anak-anak. Pada bagian bawah terdapat teks besar bertuliskan “Visit Historic Palestine”, dan slogan kecil “The Israeli army liked it so much they never left!”

Pembuatan poster ini merupakan rangkaian aksi Banksy di event pameran wisata berskala dunia, World Travel Market, di London Inggris. Dari laman Instagramnya, Banksy mencetak dan membagikan 1000 poster setiap harinya bagi para pengunjung pameran ini. Ditambahkan juga poster ini tersedia dalam bentuk digital yang bisa diunduh.

World Travel Market, pameran yang berlangsung 5-7 November ini mempertemukan penyedia jasa wisata dan pelancong dari berbagai destinasi wisata dunia. Secara mengejutkan, Banksy dan timnya mengisi bilik Palestina dan memasang replika tembok pemisah batas Palestina-Israel yang ia gambari di sana. Replika tersebut menampilkan gambar sepasang malaikat bersayap yang mencoba merobohkan tembok pembatas itu. Seolah tak cukup, poster gratis yang dibuat Banksy adalah kejutan selanjutnya di pameran tersebut.

Entah apa motif sebenarnya, apakah mengajak orang-orang untuk berkunjung ke Palestina? Atau sebagai kritik untuk menyadarkan orang akan konflik yang tak pernah usai ini? Bagaimana pendapatmu? Beri kami komentar di bawah.

Foto banner: banksy.co.uk


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *