Tentang Server Down dan Catatan Perjalanan 14 Tahun

Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-14, minggu lalu kami mengadakan program sale khusus member Wadezig!Crowds secara online di website wadezig.com. Hasilnya sangat luar biasa. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, website kami down hanya dalam waktu beberapa jam saja sejak program sale tersebut dimulai.

Menurut statistik, jumlah views rata-rata wadezig.com cuma berkisar 5 – 10 ribu perhari. Kamis lalu, hari pertama program sale dimulai, pengunjung website membludak sampai 23 ribu, yang artinya hampir 3 kali lipat pengunjung biasa. Tidak heran, pagi itu website kami seketika sangat sulit diakses. Siang menjelang sore, karena tidak kuat menahan lonjakan pengunjung, server-nya pun down sehingga website tidak bisa diakses sama sekali.

Itu hari pertama. Sementara program sale ini sudah diumumkan akan diadakan selama 4 hari. Apa kabar hari kedua, ketiga, dan keempat?

Ini adalah special event dalam rangka ulang tahun kami, dan kami berniat merayakannya dengan cara memberikan kupon diskon 50% sebagai kado spesial untuk para Crowds. Jadi kami jelas tidak mau kado spesial ini berantakan hanya gara-gara server down. Karena itu, kami berinisiatif melakukan hal yang juga merupakan hal pertama sepanjang sejarah; server upgrade.

Malam itu saya turun langsung melakukan proses migrasi server dari server lama yang jebol ke server baru dengan kapasitas yang lebih besar dan tentunya lebih mumpuni untuk menampung puluhan ribu Crowds yang akan berbelanja.

Proses migrasi ini berjalan lebih lama dari yang dijadwalkan. Ternyata memindahkan data-data website yang umurnya sudah 14 tahun itu tidak segampang dan secepat yang dibayangkan. hampir 10GB data yang merupakan rekam jejak perjalanan Wadezig! selama 14 tahun, harus dipindahkan dan up & running dalam waktu semalam saja, karena besoknya Crowds sudah menunggu untuk kembali menukarkan kupon diskon 50%-nya.

Jumat siang, setelah melalui berbagai drama yang kebanyakan bersifat teknis, akhirnya wadezig.com sudah bisa kembali diakses, dan berjalan seperti sediakala. Server baru dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan performa yang lebih baik, siap menjamin agar bisa diakses oleh lebih banyak pengunjung. Tercatat, hari kedua itu pengunjung website kami kembali melonjak ke angka 25 ribu pengunjung. Jika hari pertama saja server-nya down di angka 23 ribu pengunjung, sedangkan di hari kedua dan seterusnya website masih bisa diakses dengan lancar di angka 25 ribu.

Hari ini, 14 Februari, menandai 14 tahun perjalanan Wadezig!. Ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan mengenai kejadian tersebut.

Salah satunya adalah kenyataan bahwa ternyata kita sudah sebesar itu. Kita di sini maksudnya adalah kita semua keluarga besar Wadezig!, beserta semua anggota keluarga besar Wadezig!Crowds, para member loyal Wadezig!.

Iya, selama ini kami selalu menanamkan mindset bahwa Wadezig! hanyalah sekumpulan anak muda yang gelisah. Mindset itu pula yang selalu kami tanamkan di benak setiap anggota keluarga besar Wadezig!. Dengan begitu, kami akan selalu gelisah, selalu bertanya, dan selalu berjuang mencari jawabnya. Karena kegelisahan, pertanyaan-pertanyaan, dan ide-ide jawaban itulah yang selalu kami olah lalu tawarkan. Itu yang selama ini membuat Wadezig! tetap Wadezig!.

Tapi ternyata ada hal-hal tertentu yang memang tak bisa dipungkiri, sadar tidak sadar, akan menjadi besar. Jumlah anggota Wadezig! Crowds, misalnya. Saya secara pribadi sangat berterimakasih kepada segenap Crowds atas kejadian server down kemarin. Seperti yang saya tulis di atas, kejadian tersebut menyadarkan bahwa ternyata kita sudah sebesar itu. Ternyata pengunjung website selama ini sangat tinggi. Ternyata website-nya sudah waktunya diperbarui. Ternyata server lama sudah tidak mencukupi lagi. Ternyata dan ternyata lainnya.

Sejujurnya, buat kami angka 25 ribu itu tergolong fantastis. Apalagi mengingat program diskon tersebut kami khususkan hanya untuk member saja. Bisa dibayangkan kalau program tersebut dibuka untuk umum.

Tapi program khusus member ini dibuat bukan karena alasan ketidaksanggupan kami menyediakan server yang cukup untuk menampung lonjakan pengunjung.

Seperti yang selalu kami ceritakan, 14 tahun yang lalu Wadezig! memulai perjalanannya dari kegelisahan dan keinginan untuk mempertanyakan segala sesuatu, lalu menggali sendiri ide-ide baru sebagai jawaban atas kegelisahan dan pertanyaan tersebut. Wadezig! selalu memiliki visi dan selalu mengajak orang-orang untuk berbagi visi tersebut. Wadezig! bukan brand yang sekedar berjualan pakaian untuk dibeli oleh siapapun yang sedang membutuhkan pakaian untuk menutupi tubuhnya. Lebih dari itu, Wadezig! mengajak orang-orang untuk berpikir, berkolaborasi, dan berbagi ide. Lebih jauh lagi, Wadezig! mengajak orang-orang untuk bangga dengan pemikirannya.

Wadezig! adalah statement. Wadezig! adalah pride.

Itulah yang menjadi dasar pemikiran dibentuknya sistem keanggotaan yang kami sebut dengan Wadezig! Crowds ini. Untuk menjadi wadah bagi orang-orang yang bervisi sama. Dalam wadah ini, para member diajak untuk menyuarakan pendapat, berkarya, berkolaborasi, dan banyak kegiatan lainnya. Member diajak untuk terlibat dalam berbagai proses kreatif, dan sebagai kompensasinya, member akan selalu menjadi yang terdepan dalam program-program khusus atau penawaran-penawaran spesial. Salah satunya program sale yang telah membuat server jebol tersebut.

Dan balik lagi, ternyata wadah yang bernama Wadezig! Crowds ini sekarang sudah sedemikian besarnya. Memperjuangkan idealisme secara konsisten selama 14 tahun adalah satu hal. Tapi memiliki sepasukan anggota yang ikut berpartisipasi dan loyal dalam memperjuangkan idealisme yang sama, itu adalah satu hal lain yang sangat tidak terpikirkan oleh kami sebelumnya. Dan tentunya sangat patut disyukuri. Betapa tidak, pemikiran-pemikiran yang kami tuangkan dalam berbagai produk selama ini, diapresiasi, didukung, dan disuarakan dengan bangga oleh begitu banyak orang yang merasa sevisi.

Makanya ulang tahun ke-14 ini menandai babak baru bagi Wadezig!, khususnya Wadezig! Crowds. Dengan keberadaan server baru, sudah pasti akan disusul oleh website baru juga dalam waktu dekat. Dan website baru tentunya akan menawarkan hal-hal baru juga, terutama untuk para anggota Wadezig! Crowds.

Selamat ulang tahun buat kita semua, semoga dengan menjadi lebih tua dan besar hanya akan membuat kita menjadi bisa melangkah lebih lebar dan lebih bijak, bukannya menjadi renta lalu enggan bergerak. Karena hal-hal menyenangkan sudah menunggu di depan sana. Ayo!

 

– Ing Landjanun / CCO – Co-Founder

 


One reply on “Tentang Server Down dan Catatan Perjalanan 14 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *