The Art of Peer Pressure

Seperti orang tua kebanyakan, mereka tidak akan bosan memberikan nasihat dan memperingatkan anaknya untuk menjauhi kebiasan yang tidak terpuji. Akan tetapi semua itu kadang diingat sang anak sepintas dan terlupakan begitu saja ketika sudah berada di ruang lingkup lingkungan sosial teman sebaya.

Tekanan peer-pressure menjadi isu sosial terbesar dikalangan remaja seluruh dunia. Keberadaannya tidak dapat terelakan oleh berbagai kalangan, dari yang berpendidikan biasa saja hingga berlatar belakang pendidikan tinggi sekalipun dapat terjerumus ke dalamnya. Ketakutan akan ditolak dalam pergaulan, terpojokan karena menjadi terlihat bodoh, serta tidak diakuinya oleh teman sekitar adalah pengaruh terbesar dalam terjadinya tekanan sistem-peer.

Fenomena inipun meluas semenjak banyak individu, khususnya para remaja saat ini mulai terlibat kegiatan tercela seperti minum minuman beralkohol, merokok, hingga melakukan tindak kriminal. Hal tersebut didasari hanya karena anggapan bahwa “orang lain pun melakukannya.” Para remaja yang masih labil dan sedang mencari jati dirinya mudah dipengaruhi oleh hal-hal tersebut.

Knowledge Navy. Pengetahuan adalah kekuatan. Jika kita mengetahui sebab akibat untuk setiap hal yang dihadapi maka kita tidak akan terjerumus. Pengetahuan bisa didapatkan dari manapun, salah satunya melalui buku.

Bagaimanapun, langkah terbaik menghindari tekanan sistem-peer yaitu dengan selalu berfikir bijak sebelum mengambil tindakan. Bertanya kepada diri sendiri, “benarkah yang saya lakukan? Mengapa saya harus mengikuti apa yang teman saya lakukan?” Pegang teguh prinsip dirimu jika dihadapkan pada tekanan tersebut. Lebih baik tidak lagi menjadi bagian dari mereka daripada terjerumus kepada hal yang tidak sesuai dengan prinsipmu.

Different White. Menggambarkan deretan Grim Reaper berjubah hitam yang tampak menyeramkan, tetapi ada satu yang berbeda dengan mimik muka tersenyum dan berjubah putih. Tidak ada salahnya menjadi berbeda dan menjadi diri sendiri untuk sesuatu yang lebih baik.

Menjadi diri sendiri adalah solusi terbaik, menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing. Karena pada dasarnya manusia ditakdirkan memiliki pola pikir yang berbeda-beda. Banyak contoh masa depan yang berawal cerah menjadi hancur seketika karena pengaruh peer-pressure, beberapa diantaranya bahkan mengakibatkan hilangnya nyawa. Tetapi sekali lagi, sosok teman seperti apa yang diharapkan ada disekitar kita?

Anotha One Black. Seseorang dengan prinsip akan membatasi dirinya untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang ia yakini. Penggambaran dengan bubble text di atas memberi makna meskipun ia bertato dan merokok ia tidak ingin terjerumus lebih dalam meminum minuman beralkohol.

Untuk mengawali tahun 2018, kami menyisipkan koleksi spesial. Gabungan tiga t-shirt inipun menjadi bagian dari rentetan kampanye baru Wadezig! tahun 2018 ini. Dengan prinsip “Loser Power”-nya, visual yang kami sajikan ini diharapkan jadi renungan dan motivasi mengenai kritisnya tekanan dalam sistem-peer. Koleksi yang diberi judul “The Art Of Peer Pressure” ini sudah bisa kalian dapatkan melalui Offline dan Online Store dengan harga IDR 119.000,-.

Wadezig! Offline Store
Jl. Sultan Agung No. 7, Bandung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *