#TrueTues : Move One Step Ahead di Kegiatan Sosial

Sesuai dengan tema WADEZIG! bulan ini yakni MOVEMBER (Move On November), #TrueTues edisi 5 November 2013 bahas musisi yang move one step ahead di bidang sosial. Dari sekian banyak musisi dunia, ternyata cukup banyak juga loh musisi yang peduli dengan sesama dan aktif di berbagai kegiatan sosial dan lingkungan. Beberapa diantaranya adalah Bono U2, Taylor Swift, dan Sarah McLahlan.

Bono, vokalis utama kelompok musik rock Irlandia (U2) telah terlibat dalam kampanye untuk penghapusan utang dunia ketiga dan meningkatkan kesadaran akan penderitaan Afrika, termasuk akibat pandemi AIDS. Bono juga telah bertemu dengan beberapa politisi berpengaruh dunia, termasuk mantan Presiden Amerika Serikat George W. Bush. Pada bulan Maret 2002 Bono berkunjung ke Gedung Putih dan Presiden Bush mengucurkan paket bantuan senilai 5 milyar dolar bagi kegiatan sosialnya. Dia pernah dicalonkan untuk Hadiah Nobel Perdamaian pada 2003, 2005, dan 2006 karena kedermawanannya. Bono juga merupakan seorang co-founder DATA (NGO yang bergerak dalam hutang, AIDS, Perdagangan dan Afrika), EDUN, the ONE Campaign, dan Product Red.

Taylor Swift, penyanyi kelahiran Nashville, 13 Desember 1989 tak hanya punya wajah yang cantik, bisa menciptakan lagu, bisa menyanyi sambil bermain musik, mempunyai sifat rendah hati dan jauh dari kontroversi. Taylor Swift juga ternyata dicintai banyak orang karena kedermawanannya. Taylor sering menunjukkan rasa solidaritasnya pada orang-orang yang tertimpa musibah seperti saat ada musibah gempa besar di Haiti dan Jepang, banjir di Nashville, dan tornado di Alabama. Taylor Swift juga telah menerima penghargaan yang diberikan oleh Northwest Tennessee Disaster Service atau Lembaga bantuan Gempa di Barat Laut. Ia menerima penghargaan itu untuk bantuannya atas pemulihan korban bencana alam.

Penyanyi yang berasal dari Kanada, Sarah McLahlan, juga terkenal sebagai figur yang dermawan dengan terlibat dalam konser musik “One World: The Concert for Tsunami Relief“. Konser itu berhasil mengumpulkan 3,6 juta dolar untuk para korban tsunami di Asia Selatan dan Tenggara (termasuk Indonesia). Kegiatan Sarah yang lain adalah menjadi pendukung dan juru bicara bagi ASPCA (American Society for the Prevention of Cruelty to Animals) yang merupakan organisasi yang didekasikan untuk mencegah kekejaman pada hewan.

Ayo kita mulai melakukan sesuatu yang baik meskipun hal itu kecil! Yang terpenting adalah hal itu datang dari ketulusan kita. Move and spread the positivity, Crowds!

Ricky Marzo


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *