Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Seni

Karya seni seperti lukisan dipandang sebagai barang berharga yang harus dijaga keberadaanya, terlebih apabila karya seni tersebut dibuat oleh seniman ternama. Mengkoleksi karya seni dari seniman terkenal merupakan suatu kebanggan, tentu dibutuhkan treatment khusus untuk menjaga karya seni tersebut agar tetap enak dipandang. Tetapi apa jadinya apabila karya seni buatan sang seniman itu mudah hancur? Tentu kita tidak tertarik memilikinya bukan? Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Phil Hansen, seorang seniman otodidak asal Amerika yang membuat webseries berjudul “Goodbye Art.”

Goodbye art adalah seri satu tahun eksperimental Phil Hansen dimana masing-masing bagian dari karya seni tersebut akan hancur secara alami, atau dihapus sesuai keinginanya tak lama setelah dibuat. Phil membuat karya seni dengan menggunakan berbagai media yang tidak biasa seperti korek api, roti, bagian tubuh, solder listrik, hingga cacing. Dengan media tersebut ia bereksplorasi membuat lukisan wajah atau objek-objek lainnya. Kata ‘goodbye’ cukup merepresentasikan untuk setiap karya seni buatan Phil yang mudah pergi dan menghilang.

Virgin Mary in My PB&J Sandwich

Jimi Hendrix on Fire

Fries Grease Painting

Ichiro 262

Influence

Burning Monk

Bonus

Selain Seri eksperimental tadi, Phil saat ini sering memberikan tutorial dasar bagaimana cara menggambar. Berikut videonya.

Choosing a Pencil

Different ways to hold the Pencil

How to Draw a Circle


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *