#VideoFriday : 5 Light Graffiti Videos

Grafiti banyak kita temui di tempat umum di sekitar kita. Berkisar dari kata-kata sederhana hingga lukisan dinding yang rumit, konon grafiti sudah ada sejak zaman kuno seperti zaman Mesir Kuno, Yunani Kuno, dan Kekaisaran Romawi. Di zaman modern, cat (terutama cat semprot) jadi bahan grafiti yang paling sering digunakan.

Di sebagian besar negara, menandai atau melukis properti tanpa persetujuan pemilik properti dianggap perusakan atau vandalisme dan merupakan kejahatan yang harus dihukum. Grafiti juga dapat mengekspresikan pesan sosial, pandangan politik ataupun hanya ekspresi artistik semata sang graffiti artist. Video Friday minggu ini bakal ngajak kalian buat menikmati seni grafiti yang terus berkembang, khususnya light graffiti.

1. Laser graffiti – London

Video ini menampilkan teknologi grafiti terbaru yakni dengan menggunakan laser. Meskipun grafiti jenis ini tak bertahan lama, tapi bisa dibilang proses pembuatannya juga singkat. Grafiti dengan menggunakan cahaya laser dapat dilakukan di gedung-gedung tinggi dan sepertinya semua orang bisa melakukannya. Tonton grafiti laser yang dilakukan orang-orang Inggris di kota London ini.

2. Water Light Graffiti – Poitiers

Antonin Fourneau, pria asal Perancis, telah mengerjakan proyek Water Light Graffiti di Digitalarti Artlab: dinding yang terbuat dari LED yang akan menyala bila tersentuh oleh air. Setelah beberapa kali melalui percobaan, perbaikan prototipe dan materi, Water Light Graffiti akhirnya dipamerkan di tempat-tempat umum di kota Poitiers selama beberapa hari. Grafiti yang satu ini sangat unik, bahkan anak kecil yang biasanya suka main pistol-postolan air bisa menggambar sesuatu dan membuat sebuah karya seni dengan Water Light Graffiti ini.

3. Light Graffiti & Lightpainting
Video artistik yang keren satu ini dibuat oleh Marcell Bandi, Sebastian Mayrhuber & Mathias Hajos. Banyak sekali gambaran dan obyek yang menjadi latar penggambaran oleh ketiga seniman dari Jerman ini.

4. Paris by Light
Video ini dibuat oleh Marko yang mengaku sebagai kalligraffikzer Perancis. Dia membuat berbagai tulisan dengan cahaya laser yang dia pegang. Dalam video ini dia mendatangi berbagai tempat-tempat terkenal di Paris seperti Champs Elysees. Menarik untuk ditonton karena Marko juga menggambar saat seorang B-boy melakukan street dance di jalanan Paris.

5. Laser Graffiti – Beijing & Shanghai

Seorang graffiti artist, Suso33 menggunakan alat laser graffiti dari Sensaa Interactive untuk menggambar beberapa bangunan di Beijing dan Shanghai.

Video light graffiti mana yang paling kalian sukai, Crowds?


One reply on “#VideoFriday : 5 Light Graffiti Videos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *