#VideoFriday : 5 World Parkour Videos

Ada yang tahu Parkour? Atau mungkin ada yang pernah dengar istilah itu? Parkour adalah pelatihan holistik menggunakan gerakan yang dikembangkan dari pelatihan halang rintang. Orang-orang yang berlatih parkour bertujuan agar bisa cepat dan efisien mengatasi hambatan dalam lingkungan mereka hanya dengan menggunakan tubuh mereka sendiri dan lingkungan sekitar. Gerakan-gerakan parkour bisa terdiri dari berjalan, memanjat, berayun, melompat, ataupun berguling. Tergantung pada gerakan apa yang dianggap paling cocok untuk situasi tertentu.

Parkour dikembangkan di Perancis oleh Raymond Belle, David Belle, dan Sébastien Foucan pada akhir 1980-an. Menjadi populer di akhir 1990-an dan tahun 2000-an parkour mulai masuk dalam film, dokumenter, dan iklan. Orang-orang yang menggeluti parkour disebut traceur untuk laki-laki dan traceuse untuk perempuan.

Video Friday kali ini bakal kasih kalian 5 video parkour yang keren dari berbagai penjuru dunia buat nemenin akhir pekan kalian.

1. Epic Parkour Chase In Europe

Video ini menunjukkan dua orang yang saling kejar-kejaran. Satu orang menampilkan kehebatannya dalam melarikan diri, sedangkan orang satunya lagi tak ingin kalah hebat dan terus berusaha untuk menangkapnya. Epic Parkour Chase In Europe direkam di Wina, Austria dan Praha, Ceko. Selain terpukau dengan kehebatan kedua orang traceurs itu, kita juga dimanjakan dengan pemandangan kotanya yang bersih dan indah.

2. Best Day Ever – Parkour

Dua orang asal Den Haag, Belanda yang bernama Thyrone dan Kevin membuat video parkour ini untuk alasan bersenang-senang. Dalam keterangannya di Youtube, mereka hanya ingin menunjukkan bahwa sebuah video parkour bisa menyenangkan untuk ditonton. Memang benar, video ini memang terasa santai dan cukup menghibur untuk ditonton.

3. Amazing Parkour 2013

Dalam video Amazing Parkour 2013, sekelompok orang melakukan gerakan parkour secara bersamaan. Mereka melompat dari satu bangunan ke bangunan lainnya yang jaraknya cukup jauh serta dengan presisi yang tepat. Tidak diketahui di mana lokasi pengambilan video ini.

4. The World’s Best Parkour and Freerunning 2012

Video persembahan Stunts Amazing ini menampilkan kompilasi berbagai video parkour dari seluruh dunia. Dengan pengambilan video yang artistik serta latar tempat dan waktu yang bervariasi, kita disuguhkan penampilan parkour yang keren banget. Ada juga traceurs yang menggunakan baju glow in the dark sehingga ketika mereka bergerak

5. Parkour Indonesia Compilation

Parkour juga sudah sangat berkembang di Indonesia. Banyak komunitas yang bermunculan di berbagai kota. Dalam video ini para traceurs Indonesia ingin menunjukkan keahlian mereka dan membuktikan pada dunia bahwa kita juga jago parkour. Video Parkour Indonesia Compilation merupakan kumpulan dan rangkuman dari sekitar 21 video parkour dari berbagai kota dan komunitas di Indonesia.

Nah itu dia 5 video parkour keren yang bisa nemenin week-end kalian kali ini. Inget, jangan coba-coba gerakan itu di rumah. Adegan dalam video-video di atas dilakukan oleh profesional.Hari Kamis kemarin, WADEZIG! ngobrol-ngobrol santai dengan komunitas Parkour Bandung di #ThurstyTalk. Buat yang ketinggalan bisa baca artikelnya di sini.

Video parkour mana yang paling kalian sukai, Crowds?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *