Wadezig! Artist Series: Jerusalem By Astronautboys

Kekaguman akan Jerusalem terus kami gaungkan dalam artwork dan produk. Kali ini, untuk mengangkat Jerusalem dari perspektif berbeda kami mengundang artist dengan ciri khas karya hitam putih dan wheatpaste-nya, Astronautboys.

Jerusalem, kota yang selalu bergejolak dan konflik yang entah kapan usai. Di tahun ini saja terjadi beberapa penyerangan dengan skala kecil maupun besar. Korban berjatuhan di kedua belah pihak yang saling bertikai, memperebutkan apa yang mereka masing-masing yakini. Konflik tak berujung ini jadi sesuatu yang ingin diungkapkan Astronautboys. Alih-alih menggambarkan kekacauan di sana, ia lebih memilih merpati sebagai objek gambarnya. Adakah hubungan antara Jerusalem dan merpati? Mari kita telusuri.

Burung berbulu putih ini telah lama digunakan sebagai simbol. Teks-teks masa lalu dari berbagai kepercayaan, tradisi dan budaya, memiliki cerita yang berhubungan dengan burung ini. Kedatangan dan terbangnya burung ini diartikan sebagai pembawa harapan, kedamaian, dan cinta. Satu cerita yang bisa dijadikan referensi adalah ketika Nuh dari bahteranya mengutus burung merpati untuk melihat apakah bencana air bah telah surut. Dari teks masa lalu tersebut cerita serta simbolisasi merpati terbawa kuat hingga kini. Dan pada masa perang dunia merpati digunakan sebagai simbol gerakan anti perang.

Artwork yang dibuat Astronautboys seolah memberi pesan agar segala konflik, kekacauan, dan sengkarut di Jerusalem segera berakhir. Menggantikannya dengan kedamaian dan harapan baru bagi kota yang kaya akan sejarah ini. Ditandai dengan merpati yang kembali bertengger, yang berarti keberadaan sekitar telah aman dari desing peluru maupun mesin penghancur lainnya. Seperti merpati Nuh yang tidak kembali ke bahtera ketika diutus untuk ketiga kalinya, dan Nuh menafsirkan merpati tersebut telah memulai kehidupan baru yang aman untuk kembali terbang bebas. Pun dengan Jerusalem di masa mendatang, semoga.

T-shirt sarat makna ini jadi koleksi Artist Series terbaru Wadezig!, dan jadi bagian koleksi “November 2nd Drop”. Miliki melalui Wadezig! Offline/Online Store dengan harga retail IDR 129.000,-.

Wadezig! Offline Store
Jl. Sultan Agung No. 7, Bandung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *