Wadezig! Selvedge Denim

Selvedge atau selvage (Us English) merupakan untaian atau jalinan tenunan kain denim yang terdapat pada bagian samping kain denim. Selvedge dibuat untuk menghindari kain yang sudah ditenun terlepas atau terdedel. kata Selvedge sendiri diambil dari frase Self-Edge, yah untuk melindungi diri sendiri

Why selvedge become special?

Selvedge denim dihasilkan oleh mesin-mesin shuttle loom tua (mesin buatan tahun 1890-1930an). Awalnya para produsen denim Amerika yang menggunakan mesin Shuttle loom tersebut, hingga pada tahun 1930an dimana permintaan akan denim terus meningkat dan produksi denim menggunakan shuttle loom hanya mampu membuat lebar denim sepanjang 70-80 cm dan setiap satu helai celana membutuhkan hingga 3 yard panjang bahan, membuat produsen beralih ke mesin yang lebih modern, dimana mesin bisa memproduksi denim lebih lebar dan produksi bisa lebih cepat. Sehingga shuttle loom tradisional mulai ditinggalkan. Kemudian mesin-mesin tersebut dibawa ke Jepang dan para produsen jeans Jepang tetap menggunakan shuttle loom hingga sekarang untuk menjaga ke-autentikan denim mereka.
Selain itu para produsen jeans menggunakan warna yang berbeda-beda untuk membedakan selvedge denim yang mereka ciptakan dengan denim lainnya. sehingga ada yang menggunakan warna merah, ungu, orange, hijau sebagai color band atau color code dari denim yang mereka produksi.

so karena lebar bahan yang lebih pendek dari bahan denim pabrikasi umumnya serta warna yang berbeda setiap tempat pemintalan, membuat selvedge denim menjadi rare dan memiliki harga yang diatas rata-rata.

Click more to see the details


10 replies on “Wadezig! Selvedge Denim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *