#WedWearing: Mengenal Jenis-jenis Jeans

blue-jeans-1-537x402

Crowds, kalian pasti sudah kenal dan memakai celana denim atau jeans dari brand-brand seperti levi’s, wrangler, lee cooper dan cardinal. Bahan baku dari celana jeans tersebut tidak lain adalah denim. Nah, pada #WedWearing kali ini akan kami bahas tentang beberapa jenis kain denim.

Terdapat beberapa jenis kain denim atau jeans yaitu dry denim (raw denim), prewash denim (kain jeans prewash), black coated denim, dan Selvage Denim. Untuk pewarnaan kain jeans terdiri dari dua macam yaitu dengan cara tradisional (indigo) yang umumnya bertujuan untuk memberi warna warna biru pada kain jeans. Cara yang kedua adalah dengan pewarnaan sulphur untuk menciptakan warna selain biru.

Dry Denim (kain jeans kering) adalah jenis kain jeans yang sebelum proses pewarnaan kain jeans tidak melalui proses pencucian kain terlebih dahulu dalam hal ini kain denim yang baru selesai proses pembuatan langsung dijual. Pada dasarnya tak ada perbedaan antara denim yang sebelum masuk ke proses pewarnaan yang melalui pencucian dan yang tidak melalui pencucian, yang membedakannya adalah jenis kain jeans ini lebih kaku dibandingkan jenis kain jeans yang lainnya, dan yang lebih unik lagi jenis kain jeans ini adalah warna kain akan memudar sesuai dengan lama waktu pemakainnya, nah karena proses unik inilah yang membuat daya tarik bagi pecinta denim yang sadar akan fashion. Dry denim akan akan membentuk efek pemudarannya sesuai bentuk tubuh dan aktifitas si pemakai, untuk memfasilitasi proses ini biasanya dry denim jarang dicuci (biasa selama 6 bulan dipakai barulah celana akan dicuci)

Prewash Denim (kain jeans prewash), jenis jeans mengalami pencucian terlebih dahulu sebelum masuk proses pewarnaan kain jeans. Kain jeans ini memiliki sifat kain cenderung lebih lentur dibandingkan dengan jenis kain jeans dry denim. Tak hanya itu memudarnya jenis kain ini di bagian tertentu sesuai dengan desain yang sudah dibuat secara artificial dengan mesin-mesin dan bahan-bahan kimia.

Black Coated denim merupakan jenis kain jeans yang di dalam kainnya mengandung bahan acrylic, bahan ini memiliki sifat mengawetkan kain jeans agar lebih lama digunakan. efek yang ditimbulkan dari bahan acrylic adalah jika terkena gesekan akan menimbulkan efek mengkilap pada kain

Selvage atau Seledge Denim merupakan jenis kain jeans yang tergolong jenis unggul dibandingkan dengan jenis kain jeans yang lainnya. Jenis kain jeans khusus yang didesain lebih lembut dan ringan, hasil tenunan lebih rapat dan lebih berat sehingga hasil jahitan menjadi rapih. Selvedge sebenarnya ada istilah yang digunakan untuk denim yg membentuk edge nya sendiri (self-edge), karena pada shuttle loom, rajutan denim dapat diselsaikan dengan loom itu sendiri, beda dengan denim yg dihasilkan dengan projectile loom, harus dipotong dan dijahit untuk menyelesaikan fabric nya. umumnya shuttle loom membutuhkan lebih banyak bahan untuk menyelesaikan fabric sehingga komposisi cotton yg digunakan lebih banyak, menjadikan bahan salvage denim lebih superior dibanding bahan denim lain.


One reply on “#WedWearing: Mengenal Jenis-jenis Jeans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *