#WedWearing : Sejarah Varsity Jacket

Crowds, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan varsity jacket. Tapi apa kalian tahu varsity jacket pertama muncul dengan nama Letterman Jacket? #WedWearing kemarin (19/12) kami membahas sejarah Varsity Jacket. Selengkapnya kalian bisa juga baca di sini.

harvardbaseball1865(1)

Jaket letterman adalah simbol dari sekolah menengah akhir dan kampus-kampus di Amerika. Sebagai seorang atlet, jaket Letterman adalah simbol dari sebuah kesuksesan yang diraihnya. Pada awalnya jaket digunakan di Universitas Harvard, tetapi sekarang menjadi tren di sekolah menengah dan kampus-kampus Amerika, bahkan seluruh dunia.

harvard-football-team-1890

Harvard Football Team 1890

Sejarah penamaan Letterman dari kata Letter yang berarti huruf, yang pada penerapannya yaitu huruf yang di bordir di dada jaket. Pada jaket Letterman ini biasanya yang di bordir adalah singkatan dari universitas atau sekolah yang dimaksud. Awalnya dari Universitas Havard pada tahun 1865. Hanya orang-orang terpilih yang mendapatkan jaket baseball dengan huruf H di dadanya. Pemain terbaik itu berhak untuk mendapatkan jaket, jika mereka tersingkirkan maka wajib mengembalikan jaket itu ke pemain lain yang lebih baik.

 

 

Lalu bagaimana jacket ini bias menjadi tren?

Ditahun 1930, banyak sma dan kampus-kampus lain yang memakai jaket baseball Letterman. Mereka mendapatkannya ketika memasuki sekolah tersebut. Letterman pun mendapat julukan lain, yaitu varsity jaket di beberapa daerah. Atlet-atlet yang berprestasi selalu memakai jaket varsity itu, sehingga ketika mereka diwawancarai oleh stasiun TV mereka dengan bangga memamerkan jaketnya. Hal ini yang di lirik oleh para artis-artis. Biasanya artis-artis hip hop maupun artis muda, One Direction misalnya. Mereka membuat jaket varsity versinya sendiri dan diikuti fansnya.

dxv09m-l-610x610-jacket-one-direction-clothes-jackets-help-varsity-varsity-jacket-varsity-jacket-one-direction--

Para musisi pun berperan besar dalam membuat jaket varsity menjadi tren. Aliran-aliran power pop punk, yang juga disebut high school rock n roll selalu memakai jaket varsity dari almamaternya ketika manggung. Fans-fansnya pun tidak mau kalah dengan artis idolanya. Hal ini dilirik oleh pihak management. Maka dibuatlah merchendaise varsity versi band-band tersebut. Maka banyak varsity dengan nama-nama band yang dibordir di dada, lengkap dengan artwork khas band-band tersebut.

Di Indonesia sendiri yang masyarakatnya juga ikut terpengaruh. Dengan banyaknya band-band baru yang beraliran pop punk, banyak juga jaket-jaket varsity yang terjual di pasar. Semakin banyak pula brand-brand lokal yang meemproduksi jaket varsity dengan variasi khasnya masing-masing. Hal ini yang membuat jaket varsity berkembang di dunia, termasuk di Indonesia.

Melengkapi koleksi N/D 2013 Wadezig! pun ikut mengeluarkan koleksi khusus varsity versi kami sendiri “Oakland Green” yang bisa didapatkan melalui online maupun offline store WADEZIG! Jl. Sultan Agung No. 7, Bandung.

SONY DSC

 

SONY DSC

 

SONY DSC

 

SONY DSC

 

SONY DSC


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *