#WedWearing : Types of Screen Printing (Sablon)

Crowds, kalian pasti sering menggunakan tshirt, sweater atau jacket yang menggunakan sablon, kan? Tapi diantara kalian juga pasti ada yang belum tahu jenis-jenis sablon itu apa aja. Nah, #WedWearing kali ini kami kasih kalian pengetahuan jenis-jenis sablon yang mungkin mungkin kalian pakai saat ini. Berikut jenis-jenisnya:

Ruber

Rubber ini adalah salah satu jenis sablon yang paling banyak digunakan. Bisa untuk kaos berwarna gelap atau terang, bersifat menumpang dan menutupi rajutan kain. Ruber sering dikenal dengan sablonan karet, sifatnya menutup serat kain timbul. Termasuk kategory sablon Plastisol, bedanya Plastisol harus ada angin panas /hairdryer ,kalau rubber pakai setrika (biasanya setrika uap). Dari sisi bahan hampir sama tapi bau catnya sangat menyengat diwaktu basah. Untuk sablon di atas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dgn ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain.

Pigmen

Pigmen biasanya dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap ke dalam kain. Seperti halnya tinta yang meresap ke serat kain akan tetapi sablon ini  hanya bisa dipergunakan pada kain berwarna terang / putih,kalau untuk warna gelap akan luntur karena tidak tidak maksomal menempelnya.Kalau diibaratkan itu seperti kapur yang mudah luntur jika dipakai mengecat tembok.
Campurannya pakai air sedikit & kimia penguat cat.

Plastisol

SONY DSC

Cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh invest yg banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah.

Reflektif

Reflektif ini adalah jenis cat yang akan menyala jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya. Dari 3M.

Discharge

Discharge sablon merupakan salah satu solusi berbasis air untuk cetak cahaya pada pakaian gelap atau tekstil. Discharge adalah cat dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.

Flocking

1385107_10151978650145928_1031091169_n

Flock adalah teknik cetak dimana desain yang dipotong dari foil berwarna dan kemudian ditekan ke bawah kemeja panas tinggi. Cat focking akan menghasilkan sablonan dengan bentuk jadi seperti beludru.

Superwhite

Cat superwhite adalah cat sejenis pigment juga namun campuran dengan air, menyerap langsung ke bahan catnya. Biasanya dipakai untuk design2 yang vintage. Kalau sekali naik warnanya agak buram. SW ini menyebabkan patone warna sablonan menjadi turun jadi agak meredup. Kelebihan: dapat di gunakan pada bahan yang berwarna gelap.

Sekarang jadi tahu kan, Crowds jenis-jenis sablon itu apa aja. Jadi bisa lebih berhati-hati lagi jika ingin membeli pakaian berbahan sablon dan tentunya Wadezig selalu memberikan sablon dengan kualitas yang terbaik.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *