4 Hal yang Bisa Kamu Temukan di Sekitar Jl. Riau, Saparua, dan Jl. Ambon Bandung

Kota Bandung seakan tak pernah habis untuk dieksplorasi. Ketika berkunjung ke kota yang dijuluki Paris Van Java ini setidaknya ada tiga hal yang jangan kamu lewatkan yaitu wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata taman. Salah satu area yang memiliki ketiga tema wisata tersebut adalah Jl. Riau (Jl. R.E. Martadinata) dan jalan penunjang di sekitarnya. Apa saja yang bisa ditemukan di sini? Mari kita ulas.

  1. Factory Outlet dan Distro/Clothing

Deretan Factory Outlet di Jl. Riau yang selalu ramai pengunjung. Sumber foto: sebandung.com

Deretan factory outlet (FO) dan distro/clothing jadi hal yang akan kamu temukan jika berada di area ini. Mereka menawarkan beragam koleksi pakaian dengan beragam tema yang berbeda satu sama lain. Dari koleksi khusus pria, wanita, anak-anak, hingga pakaian ala militer bisa kamu temukan. Jika belanja adalah tujuanmu maka siapkan uang dan waktu luang untuk melenggang dan memilih-milih dari satu toko ke toko lainnya.

Banyak factory outlet menumpuk dari perempatan antara Jl. Riau dan Jl. Banda. Sedangkan distro/clothing lebih banyak menyebar di jalan penunjang sekitar Riau seperti Jl. Trunojoyo, Jl. Sultan Agung, Jl. Bahureksa, dan Jl. Ambon.

  1. Taman-Taman Tematik

Taman Foto dengan pohon yang rindang. Sumber foto: depaviljoen.com

Kini Bandung memiliki taman-taman serta ruang terbuka yang tersebar di berbagai penjuru kota. Khususnya di sekitar jalan Riau, taman-taman dihadirkan dengan beragam tema dan penamaan seperti Taman Super Hero, Taman Maluku, Taman Foto, dan Taman Pramuka. Jangan lupakan juga taman legendaris bernama Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Jika kamu gemar mengeksplorasi tempat baru dan berswafoto, taman-taman ini bisa jadi alternatif tempat wisatamu.

  1. Sarana Olah Raga Sarat Sejarah

Saparua setelah dipugar jadi tempat favorit bermain sepatu roda. Sumber foto: infobdg.com

Jika kamu ada di sekitar Riau dan bergerak sejengkal ke selatan akan menemukan dua sarana olah raga yang menyimpan banyak sejarah yaitu sarana olah raga (SOR) Saparua dan Stadion Siliwangi. Atau sedikit ke utara dan mencoba jogging track baru di lapangan Gasibu.

Disamping fungsinya sebagai tempat olah raga, Saparua dikenal juga karena sering digunakan untuk menghelat event musik indie Bandung di era 90’an. Tempat ini pula yang kemudian melahirkan berbagai komunitas musik yang ada di Bandung. Meski tak lagi diperkenankan untuk menghelat acara musik, Saparua tetap jadi salah satu tujuan wisata yang menyenangkan, khususnya bagi yang gemar berolah raga. Apalagi setelah fasilitas Saparua dipugar dan dilengkapi sehingga lebih nyaman.

 Serupa dengan Saparua, Stadion Siliwangi tak kalah bersejarahnya karena menjadi markas tim Sepak Bola kebanggaan Kota Bandung, Persib, di masa lalu. Jika sepak bola adalah olah raga favoritmu tidak ada salahnya mengabadikan momen di stadion ini, kan?

Lapangan Gasibu di Minggu Pagi. Sumber foto: jabarprov.go.id

Lapangan Gasibu jadi tempat olah raga lain sekitar Riau yang bisa kamu kunjungi. Bersebrangan persis dengan Gedung Sate, tempat ini baru saja dipercantik dan dilengkapi dengan jogging track. Jika kamu berkunjung saat akhir pekan, khususnya hari Minggu, tempat ini jadi favorit masyarakat untuk berolah raga. 

  1. Wadezig! Offline Store 2

Wadezig! Offline Store 2 di @ The Saparua, Jl. Ambon No. 15, Bandung. Dok. Pribadi

Hal lain yang bisa kamu temukan di sekitar jalan Riau tentu saja toko baru Wadezig!. Toko kedua ini beralamat di @ The Saparua, Jl. Ambon No. 15, Bandung, dan telah dibuka sejak Februari silam. Nikmati pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan, dengan bangunan dua kali lebih luas tentu menawarkan kenyamanan dan ketenangan ketika memilih produk.

Masih dilokasi yang sama terdapat banyak stand-stand makanan dan ruang semi outdoor. Jadi, setelah puas berbelanja di Wadezig! manjakan juga perut dan lidahmu sambil nongkrong-nongkrong.

Jalan-jalan ke Bandung, yuk, Crowds.

Foto Banner: cahayatemaram.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *